7 Makanan untuk Memperkuat Tulang pada Osteoporosis, Mudah Ditemukan dan Efektif Jaga Kesehatan Tulang

Kamis 28-12-2023,03:07 WIB
Reporter : Nasim
Editor : Wahyu Hidayat

Kamu bisa memilih produk susu rendah lemak jika tidak ingin menambah berat badan. Jika kamu tidak suka minum susu murni, kamu bisa mengolahnya menjadi smoothie atau mencampurnya dengan jus buah.

2. Ikan salmon

Ikan berlemak seperti salmon adalah sumber makanan terbaik vitamin D. Hanya 3 ons salmon yang memenuhi 100% kebutuhan vitamin D harianmu.

Salmon panggang dapat disajikan dengan sayuran goreng untuk mengobati osteoporosis dan memperkuat tulang.

3. Sayuran berdaun hijau tua

Susu dan produk susu bukan satu-satunya makanan yang kaya kalsium. Sayuran hijau seperti bayam juga kaya akan kalsium dan vitamin.

Satu cangkir bayam saja sudah mengandung 25% kebutuhan kalsium harian tubuhmu. Selain itu, bayam juga kaya akan serat, zat besi dan vitamin A.

4. Telur

Telur merupakan sumber protein yang sangat mempengaruhi volume dan berat tulang. Selain itu, telur juga mengandung vitamin D yang diperlukan tubuh untuk memperlancar penyerapan kalsium.

Namun saat menyantap telur, sebaiknya jangan hanya memilih bagian putihnya saja, karena sumber vitamin D yang banyak terdapat pada telur justru terkandung di dalam kuningnya.

5. Kacang

Selain kalsium, kacang-kacangan juga mengandung magnesium dan fosfor. Magnesium membantu menyerap dan menahan kalsium di tulang. Sedangkan fosfor merupakan komponen kunci tulang dan gigi manusia.

6. Jus jeruk

Jus jeruk tidak mengandung kalsium dan vitamin D. Namun, penelitian menunjukkan bahwa jus jeruk mengandung asam askorbat, yang meningkatkan penyerapan kalsium.

Selain itu, kandungan vitamin C - nya juga membantu mencegah kerusakan tulang.

7. Sereal

Kategori :