Inilah Daftar Makanan yang Berguna Untuk Memperkuat Tulang Terutama Lansia Umur 60 Tahun

Selasa 02-01-2024,12:00 WIB
Reporter : Nasim
Editor : Dony Widyo

Jus jeruk yang dikombinasikan dengan potasium, asam folat dan vitamin dapat dikonsumsi setiap hari untuk memenuhi kebutuhan mineral dan vitamin yang memperkuat tulang.

Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau menjadi makanan yang berguna untuk memperkuat tulang berikutnya.

Misalnya brokoli dan bayam, kedua sayuran tersebut mengandung polifenol dan antioksidan yang berguna untuk menjaga kepadatan dan kesehatan tulang secara keseluruhan.

Belum lagi potasium, magnesium dan vitamin K yang mendukung kerja kalsium untuk menjaga kesehatan tulang agar tetap sehat dan kuat.

Sayuran berdaun hijau memiliki efek basa pada keseimbangan asam-basa tubuh, mencegah ekskresi kalsium dari tubuh.

Plum kering

Plum atau plum kering sering dikaitkan dengan kesehatan pencernaan. Selain itu, buah ini, kata Shirin Khushmand, seorang profesor di San Diego State University, juga memiliki efek positif pada kekuatan tulang.

Sebuah studi ekstensif berjudul "Plum Kering, Plum dan Kesehatan Tulang yang dilakukan pada hewan dan manusia menunjukkan bahwa konsumsi buah dapat memulihkan dan mencegah keropos tulang.

Telur

Telur bukan hanya sumber makanan protein. Telur juga mengandung vitamin D, yang bersama dengan kalsium mendukung kesehatan tulang.

Tak heran, telur sering dijadikan menu sarapan sehat, irit dan praktis. Jangan membuang kuningnya, karena sebagian besar vitamin D berasal darinya.

Salmon, sarden, tuna, dan makarel

Beberapa jenis ikan dapat menjadi suplemen untuk mengatasi keretakan tulang, seperti salmon, sarden, tuna, dan kembung, karena setiap penyajiannya mengandung banyak vitamin D yang bekerja secara sinergis dengan kalsium.

Minyak ikan, potasium, magnesium, dan asam lemak Omega-3 berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, tidak terkecuali tulang. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, dianjurkan makan ikan 5-7 kali seminggu.

Kacang-kacangan

Kategori :