Stop Ngerasa Nggak Enakan! Ini 7 Cara Meningkatkan Komunikasi Asertif Agar Bisa Tegas dan Teguh Pendirian

Senin 29-01-2024,13:00 WIB
Reporter : Ana Miratus Sholekhah
Editor : Dony Widyo

Maka, jangan bersikap tidak enakan dan katakana saja apa yang sebenarnya kamu percaya. Percayalah bahwa orang lain tidak akan menyalahkanmu selama kamu berkata dengan jujur, masuk akal, dan tidak menyalahi aturan.

Pertahankan Sikap Tenang

Menunjukkan sikap tegas dalam berkomunikasi bukan berarti kamu harus menggebu-gebu dalam komunikasimu. Sebaliknya, kamu justru harus menjaga ketenanganmu saat berbicara. Sebab, menunjukkan sikap menggebu-gebu justru akan membuatmu terlihat agresif.

Oleh karenanya, sebagai salah satu cara meningkatkan komunikasi asertif, kamu perlu bersikap tenang dengan menatap mata lawan bicaramu kemudian berbicara dengan nada suara yang normal dan dengan kata-kata yang sopan.

Tidak Menggunakan Kata-Kata Agresif

Memang, kamu diarahkan untuk bersikap tegas dalam rentetan cara meningkatkan komunikasi asertif ini. Akan tetapi, bukan berarti kamu bisa menyerang lawan bicaramu dengan ketegasanmu tersebut.

Sebaliknya, kamu justru harus menghindari kata-kata atau kalimat yang agresif karena hal tersebut bisa menjadi pemicu munculnya konflik.

Berfokuslah untuk menggunakan kalimat yang diawali dengan “aku” dibandingkan “kamu”. Contohnya, ketika kamu merasa tidak dihargai dalam sebuah pertemuan, maka katakan saja, “Aku merasa tidak dihargai dalam pertemuan ini,” alih-alih mengatakan, “Kamu tidak menghargaiku.”

Anggap Lawan Bicara adalah Temanmu

Jangan bersikap seolah-olah kamu lebih unggul dari lawan bicaramu. Sebaliknya, yang perlu kamu terapkan dalam pikiranmu adalah bahwa lawan bicara tersebut adalah temanmu. Jangan pula memandangnya sebagai musuh yang harus dikalahkan.

Dengan begitu, kamu bisa berkata dengan tegas tanpa bersikap tidak bersahabat karena menganggap bahwa kamu harus menang atas lawan bicaramu.

BACA JUGA 7 Hambatan yang Menyebabkan Komunikasi Menjadi Tidak Efektif, Jangan Dibiarkan!

Menjaga Rasa Sabar

Dalam mempraktikkan cara meningkatkan komunikasi asertif, kamu juga perlu menyertakan perasaan sabar. Jangan biarkan emosimu mengambil alih.

Sebab, dalam situasi komunikasi kamu bisa bertemu dengan beragam orang yang bisa saja membuatmu lelah untuk menghadapi mereka. Jika tidak menyertakan kesabaran, maka kamu bisa jadi terpancing emosi dan akan menyesal setelahnya dengan kata-kata yang kamu ucapkan.

Itulah beberapa cara meningkatkan komunikasi asertif yang bisa kamu terapkan agar bisa lebih tegas dan tidak lagi menjadi seorang people pleaser.

Kategori :