Inilah Makanan Alami untuk Meningkatkan Kesehatan Otak dan Daya Ingat

Rabu 31-01-2024,18:40 WIB
Reporter : Nasim
Editor : Wahyu Hidayat

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Berikut ini daftar makanan alami untuk meningkatkan kesehatan otak dan daya ingat yang wajib kamu konsumsi.

Ingatan yang kuat adalah syarat menuju kehidupan yang produktif. Makanan dan minuman yang kita konsumsi dapat berperan penting dalam menjaga kesehatan otak dan meningkatkan kemampuan mengingat kita. 

Semua orang ingin memiliki daya ingat yang kuat, sehingga seringkali banyak orang mengonsumsi suplemen makanan untuk meningkatkan daya ingat.

Padahal, ada beberapa makanan atau minuman alami yang bila dikonsumsi dapat mendukung kesehatan otak dan daya ingat.

Berikut beberapa makanan dan minuman alami yang bisa menjadi pilihan cerdas untuk menjaga kesehatan otak dan daya ingat.

BACA JUGA:Inilah 9 Makanan Yang Menyehatkan Otak Bisa Membantu Lansia Agar Tidak Mudah Lupa

BACA JUGA:7 Manfaat Mengonsumsi Apel Hijau Tiap Hari, Bisa Cegah Diabetes dan Menambah Kesehatan Otak Lho!

1. Ikan berlemak

Ikan berlemak seperti salmon, sarden, dan mackerel merupakan sumber asam lemak omega-3, terutama DHA (docosahexaenoic acid).

Omega-3 terbukti memiliki efek positif pada kesehatan otak dan daya ingat. 

Secara khusus, DHA adalah komponen utama dalam struktur sel-sel otak dan memainkan peran penting dalam menjaga koneksi saraf yang kuat.

Konsumsi ikan berminyak secara teratur dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif dan menjaga daya ingat.

2. Blueberry

Blueberry merupakan buah yang kaya akan antioksidan, terutama antosianin. Antioksidan ini mampu melindungi otak dari stres oksidatif dan peradangan, yang merusak sel-sel saraf.

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa konsumsi blueberry dapat meningkatkan komunikasi antara sel-sel saraf dan meningkatkan memori spasial.

Kategori :