Catat! Inilah Daftar Buah-buahan Sehat untuk Penderita Diabetes yang Harus Dikonsumsi

Jumat 09-02-2024,13:10 WIB
Reporter : Nasim
Editor : Wahyu Hidayat

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Berikut ini adalah daftar buah-buahan sehat untuk penderita diabetes yang bisa dikonsumsi tanpa khawatir gula darah naik.

Buah apa yang baik untuk penderita diabetes? Mari kita ketahui beberapa di antaranya di bawah ini.

Penderita diabetes melitus perlu memperhatikan konsumsi makanan, termasuk buah-buahan, karena beberapa buah mengandung kadar gula yang tinggi.

Namun, penderita diabetes sebaiknya tidak menghindari semua buah. Beberapa buah memiliki indeks glikemik yang rendah dan kaya akan serat, vitamin, dan antioksidan, yang penting untuk kesehatan.

Mengutip berbagai sumber, di bawah ini adalah beberapa buah sehat untuk dikonsumsi penderita diabetes:

BACA JUGA:Inilah Daftar Makanan dan Minuman yang Dapat Dikonsumsi dan Harus Dihindari oleh Penderita Diabetes

BACA JUGA:Inilah Manfaat Seledri Bagi Penderita Diabetes, Mampu Turunkan Gula Darah Secara Alami

1. Cherry

Ceri adalah pilihan buah yang ideal untuk penderita diabetes karena GI rendah dan kandungan gula alami, yang sedikit meningkatkan kadar gula darah.

Diperkaya dengan antioksidan seperti antosianin dan vitamin C, ceri mendukung kesehatan jantung dan mengurangi peradangan, yang sangat penting untuk pengobatan diabetes.

Kalium yang terkandung di dalamnya membantu menjaga keseimbangan elektrolit dan mengatur tekanan darah, dan serat (2,9 gram per cangkir) meningkatkan pencernaan dan pengendalian berat badan. 

2. Jeruk bali

Jeruk bali adalah pilihan yang sangat baik untuk penderita diabetes karena GI-nya yang rendah, yang menjaga kadar gula darah tanpa menyebabkan lonjakan mendadak.

Kaya akan vitamin C dan menyediakan nutrisi penting seperti kalsium, asam folat, dan vitamin A, jeruk bali mendukung kesehatan secara keseluruhan karena hanya mengandung 10,7 gram karbohidrat dan 43,7 kalori per setengah buah.

Penderita diabetes harus berkonsultasi dengan dokter sebelum meminumnya, mengingat kemungkinan interaksi obat, misalnya dengan statin untuk menurunkan kadar kolesterol.

Kategori :