Bangunan Teras Blok F Pasar Kedungwuni Ambrol, Diawali Retak-retak di Dinding

Sabtu 17-02-2024,20:21 WIB
Reporter : Hadi Waluyo
Editor : Dony Widyo

KAJEN,RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Bangunan teras Blok F Pasar Kedungwuni di Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan ambrol, Sabtu, 17 Februari 2024. Meski pasar dalam keadaan ramai, tak ada korban jiwa dalam kejadian ini. 

Yusuf Ardiansyah (28), pedagang kelapa di Blok F, menuturkan, teras Blok F di pintu masuk bagian selatan ambrol sekitar pukul 13.00 WIB. Saat kejadian tidak ada hujan dan tidak ada angin kencang.

"Cuacanya mendung," kata dia. 

Menurutnya, sebelum bangunan atap teras dari beton itu ambrol, muncul retakan-retakan di bangunan teras sebelah timur. Para pedagang pun penasaran dengan retakan itu dan banyak yang penasaran untuk melihatnya.

"Kejadiannya jam satu lebih. Awalnya di sebelah timur retak-retak, para penjual penasaran lalu keluar lihat ke sana, di pojok-pojok sebelah timur kok sudah retak," kata dia. 

Baca juga:Lagi, Emperan Pasar Blok F Pasar Kedungwuni Ambrol

Setelah ditunggu beberapa menit, lanjut dia, ada guguran kecil-kecil dan atap teras itu langsung roboh begitu saja. "Alhamdulillah ndak ada yang lewat, jadi ndak ada korban," kata dia. 

"Bangunan ndak miring. Hanya retak-retak. Saat ambrol, bunyi keras saat jatuh ke tanah," lanjut dia. 

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Pekalongan, Sutanto Widodo, mengaku sudah mendapat laporan dari kepala pasar ada kerusakan bangunan di Blok F Pasar Kedungwuni pada Sabtu pagi. 

"Tadi pagi saya dilapori ada keretakan, kemudian siang ini akhirnya runtuh. Tapi sudah kami tulisi mohon perhatian ada kerusakan untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan, ternyata kejadian jam 12-an runtuh," katanya.

Mendapat laporan ada bangunan pasar yang runtuh, ia langsung meninjau lokasinya. Ia pun mengajak tim teknis dari DPU dan Taru untuk menganalisa penyebab dan tingkat kerusakan serta upaya penanganannya nanti.

"Saya lihat ternyata ada dua kios yang terimbas. Kami juga ngajak teman dari DPU untuk dianalisa. Bangunan kalau ndak salah TP tahun 2017. Blok F ini untuk basahan, ikan, dan sayur," kata dia.

Baca lagi:Belum Difungsikan, Bangunan Blok F Pasar Kedungwuni Ambruk

Disinggung normalnya bangunan itu tahan berapa tahun, ia tidak berani menjawabnya. Sebab itu bukan bidangnya. "Saya bukan ahli teknisnya," ujar dia.

Ditanya apakah kerusakan itu juga berpengaruh terhadap bangunan lainnya di Blok F, ia pun belum mengetahuinya. Untuk itu, ia mengajak petugas teknis dari DPU untuk mengetahui dampak kerusakan itu terhadap bangunan lainnya. 

Kategori :