Buya Yahya Jelaskan Hukum Bekerja di Tempat Riba, Halal Atau haram?

Senin 26-02-2024,03:00 WIB
Reporter : Risqi Nafilia Zaenab
Editor : Dony Widyo

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID- Apa hukum bekerja di tempat riba? Apakah halal atau malah haram untuk dilakukan? Ini dia penjelasan Buya Yahya mengenai permasalahan ini.

Pada kajian Buya Yahya kalia ini dalam laman akun youtube Al-Bahjah TV, beliau membahasa mengenai hukum bekerja di tempat riba dalam dari sisi keislaman.

Dengan menentukan apakah haram atau halal untuk lakukan sebagai pekerjaan dengan adanya unsur riba didalamnya.

Namun, sebagai seorang muslim kita janganlah mecacimaki dan menjelekan pekerjaan orang lain. Terutama karena status dan unsur pekerjaan orang itu riba dan haram dilakukan. 

Belum tentu pekerjaanmu juga terhindar dari adanya unsur haram, karena kenyataanya suatu tingkat keimanan orang tidak bisa dihitung dan dikendalikan dalam pekerjaan yang mereka ambil. 

Maka dari itu, jangan gunakan mulutmu untuk berbicara hal yang tidak baik. Mungkin saja orang yang sedang bekerja dalam lingkup kearah keharaman malah memiliki iman yang tidanggi dari pada kamu. 

BACA JUGA :Amalan Taubat Terlilit Hutang, Agar Terhindar dari Dosa: Menurut Buya Yahya

BACA JUGA :Teryata Ini Hukum Makan dengan Utang Dalam Islam: Menurut Buya Yahya

"Tidak ada orang yang sempurna dalam beragama, Mungkin saja masih saudara kita masih berkaitan dengan yang namanya riba, namun dengan urusan dan kepentingan yang lainnya tidak" Ujar Buya Yahya

Jangan sampai berfikiran tidak baik mengenai masalah ini, dalam diri seseorang pastilah memiliki niat yang baik dalam mencari rezeki. Dan Allah pun memiliki jalan yang terbaik dalam memberikan rezeki, sesui dengan kehendaknya dalam memberikan. 

Buya Yahya menjelasakan bahwa jangan lihat sisi buruk dalam diri seseorang saja, namun lihatlah sisi baiknya juga. Sehingga kita bisa tidak mudah merendahkan orang lain dihadapan umum. 

"Masih banyak orang dalam dunia riba, mereka menangis ingin keluar tetapi belum bisa" Ujar Buya Yahya. Nah, berarti begitu jelas hukum riba itu adalah haram untuk dilakukan, sampai-sampai semua orang takut dan malu untuk melakukan hal yang berhubungan dengan riba. 

Namun, bagaimana jika seseorang baik itu kamu, saudara kamu atau kerabat terdekat kamu sudah terlanjur bekerja ditempat perusahaan yang berakaitan dengan yang namanya riba?

BACA JUGA :1 Amalan Datangkan Rezeki Terus Menerus Tanpa Putus,Kata Buya Yahya Lakukan Tiap Hari!

BACA JUGA :Amalan Doa Hidup Tenang Dikeluarkan Dari Kesulitan, Kata Buya Yahya

Kategori :