Representatif, Gedung PP Rifa'iyah Dijadikan Pusat Pemantauan Hilal Ramadan 1445 H di Batang

Minggu 10-03-2024,20:11 WIB
Reporter : Novia Rochmawati
Editor : Dony Widyo

BATANG, RADAR PEKALONGAN.DISWAY.ID - Gedung PP Rifa'iyah Watesalit Batang dijadikan Pusat Pemantauan Hilal Ramadan 1445 H di Batang, Minggu 10 Maret 2024 yang digelar Kemenag Batang bersama instansi dan ormas terkait. Gedung PP Rifa'iyah yang memiliki Rooftop di Lantai 5 ini dinilai representatif. 

Sebelumnya kegiatan pemantauan hilal di Kabupaten Batang sendiri digelar di Pantai Ujung Negoro Kandeman Batang. 

"Hari ini kami melakukan Rukyatul Hilal, kita dari Kementerian Agama serempak menyelenggarakan pemantauan. Salah satunya di Batang. Untuk pertama kalinya kegiatan Rukyatul hilal dipusatkan di Gedung PP Rifa'iyah. Pasalnya 

bagian atas gedung memiliki area khusus kegiatan astronomi di Rooftop lantai 5," ujar Kasi Bimas Kantor Kemenag Batang, Sodikin saat diwawancarai di sela kegiatan.

BACA JUGA:Dipantau dari Gedung PP Rifa'iyah, Hilal di Kabupaten Batang Tidak Terlihat

Gedung Rifaiyah kedepannya juga bakal dijadikan sebagai salah satu tempat untuk melakukan Rukyatul Hilal di Kabupaten Batang. Hal ini seperti disampaikan Ketua PD Rifaiyah Kabupaten Batang, Nur Khamid. 

Ia menyebut gedung ini memiliki ketinggian 30 meter. Dan total memiliki lima lantai termasuk bagian Rooftop. Pihaknya pun siap mendukung kegiatan serupa untuk pelaksanaan pemantauan hilal ke depan.

Dalam pantauan kali ini ketinggian hilal masih berada di bawah 1 derajat. Sehingga awal Ramadan 1445 H belum bisa terlihat. Hasil pemantauan ini akan dilaporkan ke Kemenag pusat untuk menjadi pertimbangan putusan.

BACA JUGA:Jangan Sampai Terlewat, Keutamaan Salat Tarawih Malam ke-1 hingga ke-10 yang Kaya Pahala dan Manfaat

"Kami dari jajaran Rifaiyah mengucapkan terimakasih juga kepada seluruh ormas keagamaan dan Kementrian Agama. Walaupun pada kesempatan ini tidak bisa dilihat karena cuaca. Namun kegiatan pemantauan berjalan dengan baik," pungkasnya. (nov)

 

Kategori :