Duh, 757 Pemilih Tidak Memenuhi Syarat Masih Masuk ke DPS Pilkada 2024

Duh, 757 Pemilih Tidak Memenuhi Syarat Masih Masuk ke DPS Pilkada 2024

Bawaslu Kabupaten Batang saat melakukan pengawasan DPS-Radar Pekalongan/Novia Rochmawati-

BATANG, RADAR PEKALONGAN - Bawaslu Kabupaten BATANG melaporkan ada sekitar 927 temuan dalam Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pilkada 2024. Dari temuan tersebut ada sebanyak 757 Pemilih tidak memenuhi syarat, yang justru masuk ke DPS

"Dari hasil pengawasan ini kami ada 927 temuan. Dimana 757 lainnya merupakan pemilih yang tidak memenuhi syarat masih ada di DPS," ujar Ketua Bawaslu Batang, Mahbrur didampingi Anggota Bawaslu Batang, Nur Faizin saat diwawancarai, Senin 9 Sepetember 2024. 

Pihaknya merinci masih ada sebanyak 586 pemilih yang meninggal dunia, 17 pemilih ganda, 3 pemilih di bawah umur, 158 pemilih pindah Domisili Keluar dari kabupaten Batang, dan 3 pemilih Bukan Penduduk Setempat/Alamat Tidak Sesuai. 

BACA JUGA:Kunjungi Batang, Praja IPDN angkatan 32 Teliti Perkembangan KITB

Selain itu, Bawaslu Batang juga menemukan 148 Pemilih Memenuhi Syarat (MS) yang justru belum dimasukkan dalam DPS. Terdiri dari 55 pemilih yang sudah 17 tahun tetapi belum masuk daftar pemilih, dan 93 Pindah Domisili Masuk ke KabupatenBatang. 

"Untuk sisa dari temuan kami, ada sekitar 21 Pemilih yang elemen data pemilih bermasalah/tidak lengkap," imbuhnya. 

Bawaslu Batang dan jajarannya pun sudah memberikan saran perbaikan ke jajaran KPU Kabupaten Batang. 

BACA JUGA:Waduh, Ini Beberapa Formasi CPNS Kabupaten Batang Sepi Peminat

Dan dalam masa pengawasan dan pencermatan DPS ini, Bawaslu Batang dan jajarannya sudah mengupayakan kerja-kerja yang maksimal, Dimana sudah menghasilkan 2.266 form A Hasil Pengawasan, 180 saran perbaikan, dan 1.656 form pencegahan. 

"Kami juga sudah memberikan saran perbaikan ke KPU. Kami harap nantinya bisa menjadi langkah untuk menghasilkan DPT Pilkada 2024 yang lebih komprehensif, akurat dan mutakhir" pungkasnya. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: