Sering Jumpa Sop Ayam Berbau Amis? Yuk ikuti 6 Cara Merebus Ayam Agar Tidak Amis dengan Benar dan Aman

Selasa 04-06-2024,07:22 WIB
Reporter : Nadia Damayanti
Editor : Dony Widyo

Pada saat proses perebusan, jangan terlalu lama merebus ayam tersebut. Karena bisa membuat tekstur daging menjadi keras dan berakibat pada rasanya yang kurang enak.

Jadi, setelah rebusan ayam tersebut mendidih, kurangi atau kecilkan intensitas api dan biarkan ayam terus mendidih dalam waktu yang cukup sekitar 10-15 menit untuk memastikan kematangan dan keempukan ayam.

BACA JUGA:Bermodalkan Yakin, Inilah 3 Cara Mengatasi Bau Tak Sedap pada Botol Minum Stainless Steel yang Mudah dan Aman!

BACA JUGA:Ketahui 7 Tips Menghilangkan Bau Sabun pada Botol Minum Plastik Secara Cepat dan Mudah Pakai Bahan Dapur!

4. Tambahkan Asam

Tidak hanya menambahkan rempah pilihan, kalian juga bisa menambahkan sedikit perasan jeruk nipis atau cuka ke dalam air rebusan tersebut agar hasilnya bisa optimal.

Selain menetralisir bau amis, dengan menambahkan rasa asam dari cuka juga dapat membantu mengikat jaringan did alam daging ayam. Seingga ayam tidak hanya lebih empuk, tapi juga tidak mudah hancur saat direbus.

5. Gunakan Teknik Pembuangan Busa

Tidak hanya memperhatikan api kompor, selama proses perebusan, kaian juga perlu membuang busa atau kotoran yang teraput di permukaan air.

Di sini, kalian wajib banget untuk membuang busa atau kotoran tersebut secara berkala menggunakan sendok atau saringan.

BACA JUGA:Inilah 4 Jenis Daun yang Bisa Dijadikan Pengharum Mobil Alami dengan Mudah! Dijamin Mobil Wangi dan Segar

BACA JUGA:Lebih Wangi dan Tahan Lama! Inilah 5 Cara Membuat Pengharum Mobil Awet dan Tahan Lama yang Aman Dilakukan

Pembuangan busa dan kotoran ini sangat penting dilakukan untuk menguarasi bau dan rasa amis yang muncul pada ayam.

6. Perhatikan Waktu Merebus

Seperti yang dijelaskan di atas, bahwa kalian dilakukan merebus ayam terlalu lama. Namun, kalian juga tidak diperbolehkan merebus ayam dalam waktu yang singkat.

Tahukah, kalian setiap bagian ayam memiliki waktu merebus yang berbeda-beda. Hal tersebut tentunya semakin mempersulit kalian dalam menentukan berapa waktu yang tepat untuk merebus ayam.

Kategori :