Awas Gula Darah Naik! Inilah 7 Tanda-Tanda Seseorang Terkena Diabetes yang Wajib Diwaspadai

Rabu 25-09-2024,19:47 WIB
Reporter : Nadia Damayanti
Editor : Dony Widyo

4. Penurunan Berat Badan

Meskipun tubuh telah terisi makanan, namun tubuh penderita diabetes akan mengalami penurunan berat badan yang cepat.

BACA JUGA:Manfaat Kesehatan Dari Daun Kemangi, Banjir Manfaatnya yang Wajib Kamu Ketahui

BACA JUGA:5 Efek Samping Daun Kemangi bagi Kesehatan, Meskipun Kaya Manfaat Tetap Konsumsi dengan Bijak

Karena glukosa yang menjadi energi tidak bekerja dengan baik, membuat tubuh memecah protein dari otot dan juga lemak sebagai sumber alternatif bahan bakar. 

5. Luka yang Sulit Disembuhkan

Tanda-tanda seseorang mengalami diabetes yang selanjutnya adalah luka yang sulit disembuhnya. Artinya, tubuh akan sulit dalam membantu menyembuhkan luka infeksi yang terjadi pada kulit.

Tidak hanya infeksi kulit, tapi luka memar pun juga akan sulit disembuhkan dan bisa menimbulkan bekas yang dapat merusak penampilan.

Hal ini dikarenakan, pembuluh darah yang seharusnya membantu menyembuhkan luka ini mengalami kerusakan yang diakibatkan oleh banyaknya glukosa yang mengelilingi pembuluh darah dan arteri.

BACA JUGA:Ini Dia 8 Makanan Tinggi Purin yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat yang Wajib Diketahui!

BACA JUGA:Obat Herbal Menurunkan Asam Urat Ala dr. Zaidul Akbar yang Efektif dan Aman untuk Lansia 60 Tahun ke Atas!

Hal ini yang menyebabkan sel-sel penyembuh seperti sel progenitor endotel (EPC) sulit melakukan perjalanan menuju ke area cidera dan membantu pembuluh darah dalam menyembuhkan luka.

6. Kesemutan atau Mati Rasa

Ternyata kesemutan bukan hanya tanda-tanda seseorang mengalami asam urat saja lho, tapi juga menjadi tanda-tanda seseorang terkena diabetes.

Yups, kesemutan danmati rasa di area tangan dan kaki yang bersamaan dengan rasa sakit yang membakar hingga bengkak bisa menjadi tanda bahwa saraf sedang dirusak oleh diabetes.

Nah, jika hal tersebut dibiarkan begitu saja, kerusakan saraf ini bisa menjadi permanen dan tidak bisa lagi disembuhkan.

Kategori :