Studi Terbaru Ipsos 2025 Ungkap Preferensi UMKM dan Brand Lokal terhadap Marketplace Digital di 2025
Studi Terbaru Ipsos 2025 Ungkap Preferensi UMKM & Brand Lokal terhadapMarketplace Digital di 2025.-tangkapan layar/istimewa -
Brand Tingkat Partisipasi Ramadan

--
● Program Ekspor: Gerbang Pasar Global
Ekspansi global masih menghadapi tantangan seperti kompleksitas logistik dan pemahaman pasar luar. Dalam hal ini, 62% responden menilai Shopee paling membantu penetrasi pasar internasional, disusul Tokopedia (16%), TikTok Shop (15%), dan Lazada (6%). Partisipan program Shopee Ekspor juga melaporkan dampak positif bagi perkembangan bisnis.
“Shopee dinilai sebagai platform paling berdampak bagi kemajuan UMKM dan merek lokal. Keunggulannya terletak pada pembangunan ekosistem pendukung pertumbuhan berkelanjutan,” tambah Andi Sukma.
“Platform yang bertahan bukan sekadar menyediakan etalase digital, melainkan menghadirkan solusi konkret, edukasi, dan ekspansi nyata,” tegas Direktur Eksekutif IPSOS Indonesia tersebut.
Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News
Sumber:

