Pasar Desa Diharap Dongkrak Ekonomi Masyarakat

Pasar Desa Diharap Dongkrak Ekonomi Masyarakat

RESMIKAN - Kepala Disperindagkop Batang, Subiyanto didampingi Kades Banaran saat meresmikan Pasar Desa Pandansari. NOVIA ROCHMAWATI/Radar Pekalongan

BANYUPUTIH - Desa Banaran Kecamatan Banyuputih kini resmi memiliki pasar desa yang diresmikan oleh Kepala Disperindagkop Batang, Rabu (15/1). Mewakili Bupati Batang, Kepala Disperindagkop Batang, Subiyanto berharap kehadiran pasar desa ini dapat mendongkrak ekonomi desa. Dimana dengan pasar ini nantinya bisa menjadi peluang usaha masyarakat.

"Kami apresiasi semangat pemerintah Desa Banaran Banyuputih yang menggunakan dana desanya untuk kepentingan masyarakat. Khususnya dalam membangun pasar desa yang sangat dibutuhkan masyarakat. Karena nantinya juga akan mendongkrak ekonomi masyarakat sekitar," terang Subiyanto.

Ditambahkan, menurutnya ke depan pasar desa ini juga dapat menambah pendapatan desa. Sekaligus juga bisa memudahkan akses warga yang butuh berbagai macam keperluan harian.

"Terkait dengan kebutuhan pendukung pasar, seperti parkir, sampah atau TPA nantinya mungkin bisa dilakukan pelan-pelan secara bertahap. Tapi jangan sampai menghambat aktivitas yang ada di Pasar," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Bumdes Desa Banaran, Angga R selaku pengelola pasar menjelaskan pasar desa ini memiliki 12 lapak. Saat ini memang pasar belum bisa beroperasi, lantaran pihaknya masih menyeleksi bakal calon pedagang di pasar.

"Sementara masih ada 12 lapak, tapi karena peminatnya membludak makanya kami akan melakukan seleksi dulu. Karena kita berharap proses ini bisa adil untuk seluruh pedagang, makanya akan kami godok terlebih dulu aturan mainnya sehingga nantinya bisa berjalan seperti aturan yang ada," lanjutnya.

Sementara ini pihaknya akan membuat pasar desa ini dengan konsep mingguan. Sebelum nantinya akan dioperasikan setiap hari.

"Sementara ini kami operasikan tiap Minggu dulu. Dengan konsep semacam pasar Minggon Jatinan. Nah nantinya kalau sudah berjalan lancar kami akan mulai untuk mengoperasikannya tiap hari dan menyediakan berbagai kebutuhan sehari-hari," tandasnya. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: