Pasar Kedungwuni Dilaunching

Pasar Kedungwuni Dilaunching

**Tampung Ribuan Pedagang, Sediakan 10 Blok

KEDUNGWUNI - Bupati Pekalongan Fadia Arafiq, Minggu (18/09/2022), secara resmi melaunching pemindahan pedagang Pasar Kedungwuni. Adapun pembangunan pasar menelan anggaran sekitar Rp 71 milliar tersebut mampu menampung sekitar 2.000 pedagang.

Dalam launching pemindahan pedagang Pasar Kedungwuni sebelumnya dimeriahkan dengan jalan sehat berhadiah sepeda motor dan sejumlah hadiah menarik lainya. Launching juga dihadiri oleh Forkompimda, Sekda, Asisten, OPD, Ketua DPD Apsi Kabupaten Pekalongan, toga- tomas dan pedagang. Launching ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Pekalongan Fadia Arafiq didampingi Ketua DPD Apsi dan Forkopimda juga dilakukan pemotongan tumpeng diserahkan oleh Ketua Apsi Pasar Kedungwuni, H. Goni.

Total pedagang tercatat sekitar 1934 namun setelah dilakukan verifikasi dan validasi berdasarkan surat keputusan Bupati Pekalongan nomor 510.16 Tahun 2022 maka ditetapkan skala prioritas pedagang calon pemakai lapak Pasar Kedungwuni sebanyak 1912 orang pedagang. Yakni dengan perincian pedagang tetap 885 pedagang beceran 1027 pedagang.

Bupati Pekalongan Fadia Arafiq menyampaikan dengan pembukaan Pasar Kedungwuni yang sudah dinanti nanti bisa berjalan dengan baik, tinggal menunggu proses pengundian dari Dinas. Adapun untuk keseragaman pedagang harus menyesuaikan dengan blok jualan.

"Ada 10 blok untuk pada pedagang dan ini sudah lebih dari cukup untuk menampung para pedagang, " katanya.

Dikatakan untuk mengantisipasi terjadinya Pungutan Liar (Pungli), akan dilakukan melalui E-Retribusi, sehingga semua bisa tertib dan retribusi masuk sesuai dengan setoran. Karena apabila tidak menggunakan E-Retribusi bisa terjadi kebocoran.

"Jadi melalui E-Retribusi ini tidak ada pingli dan semua akan transparan bekerjasama dengan Bank Jateng, " jelasnya.

Sementara Ketua DPD APSI Kabupaten Pekalongan, Moctarudin Ashraff Abu menyampaikan akan mengawal supaya tidak ada lagi pedagang pedaganh yang berserakan.

"Kita akan tegas mendisiplinkan itu termasuk parkiran, tidak ada pungutan liar oleh karena itu kita bekerjasama dengan Bank Jateng melalui E-Retribusi menggunakan kartu sehingga lebih transparan," ungkapnya.

Ketua APSI Kecamatan Kedungwuni, H. Goni menyampaikan bahwa hari ini merupakan bersejarah bagi APSI dan pedagang. Karena Pasar Kedungwuni diresmikan oleh Bupati Pekalongan, sehingga para pedagang bisa beraktivitas kembali di Pasar Kedungwuni yang sangat megah.

"Kami menyampaikan terima kasih kepada Ibu Bupati Fadia Arafiq. Kami menyampaikan banyak penghargaan yang sebesar-besarnya atas peresmian Pasar Kedungwuni ini. "

Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan Hj. Hindun menambahkan bahwa presmian Pasar Kedungwuni ini merupakan harapan seluruh masyarakat terutama pedagang.

"Kami terus mendorong supaya diresmikan agar lebih bermanfaat bagi masyarakat dan mudah mudahan nanti bisa dipakai dengan baik oleh para pedagang, " harapnya. (Yon)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: