Akhir Tahun, Sigandu Diburu Target PAD

Akhir Tahun, Sigandu Diburu Target PAD

*Siap Hadirkan Even untuk Dongkrak Kunjungan

NIKMATI PANTAI - Meski kualitas bibir Pantai Sigandu terus diterjang abrasi, namun masih banyak warga yang memanfaatkan akhir pekan untuk menikmati pesona pantainya.

BATANG - Menjelang berakhirnya Tahun Anggaran 2019, realisasi target Pendapatan Asli daerah (PAD) Pantai Sigandu belum terpenuhi 100 persen. Dari total Rp 1,2 miliar yang dibebankan, sampai November kemarin baru terserap Rp 890 juta atau 74,1 %.

"Makanya, sampai akhir tahun, khusus Pantai Sigandu masih diburu target PAD. Apapun itu, target Rp 1,2 miliar ini harus kita penuhi semaksimal mungkin," ungkap Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Batang, Wahyu Budi Santoso, kemarin.

Seperti diketahui, tahun ini target PAD empat obyek wisata yang dikelola Disparpora ditetapkan sebesar Rp 2,85 miliar, yakni Pantai Sigandu, Ujungnegoro, THR Kramat, dan Kolam renang Bandar. Secara keseluruhan, sampai November kemarin, pemenuhan target itu sudah mencapai Rp 2,5 miliar atau sekitar 90 %.

Meski sisa waktu kurang dari sebulan, Disparpora tetap optimis mampu mengejar kekurangan target, yakni sekitar Rp 300 juta. Penyebabnya, masih ada 2 momen wisata potensial di akhir tahun, yakni libur Natal dan Tahun Baru 2020.

Dari kemmpat Daerah Tujuan Wisata (DTW) tersebut, target terberat dipikul Pantai Sigandu, yakni Rp 1,2 miliar. Padahal, sampai November kemarin realisasinya baru sebesar Rp 890 juta atau 74,1 %. Menurut Wahyu, selain faktor abrasi yang menahun, kurang maksimalnya kontribusi PAD Pantai Sigandu juga disebabkan penataannya yang masih belum sepenuhnya rapi.

"Ini jelas mempengaruhi tingkat kunjungan. Terlebih, obyek wisata swasta di sekitar Sigandu juga bertumbuhan. Mudah-mudahan tidak melemahkan, tetapi justru memacu semangat pengelolaan Sigandu agar lebih baik lagi," terangnya.

Untuk itu, momentum akhir tahun akan dimanfaatkan Disparpora untuk mengoptimalkan pendapatan. "Kita optimalkan pelayanan, gencarkan promosi serta menghadirkan sejumlah even. Pengalaman tahun kemarin, target Rp 1,2 miliar mampu kita capai," ujarnya. (sef/fel)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: