Tujuh Rumah di Tepi Kali Bulanan Terancam Longsor

Tujuh Rumah di Tepi Kali Bulanan Terancam Longsor

*Dua Rumah Sudah Ditinggal Pemiliknya

TERANCAM - Banjir sungai Bulanan sebabkan sebanyak tujuh rumah berada di tepi sungai di Desa Nawangsari, terancam longsor.

KENDAL - Sebanyak tujuh rumah di RT 9 RW 2 Desa Nawangsari, Kecamatan Weleri, yang berada di tepi Kali Bulanan terancam longsor. Bahkan dua dari tujuh rumah tersebut sudah dikosongkan oleh pemiliknya karena bagian teras rumahnya sudah terkikis longsor akibat derasnya aliran kali tersebut. Dampak lainya, pondasi jembatan Sasak yang melintang di kali tersebut ambrol.

Salah seorang pemilik rumah, Suwarno mengatakan, longsor sudah terjadi cukup lama dan sudah dilakukan pencegahan menggunakan kantong-kantong pasir. Namun setiap kali musim hujan, longsor semakin bertambah, karena terkikis air kali.

"Kalau air kali melimpah, maka sedikit demi sedikit mengikis tanah, sehingga longsornya makin tambah," katanya, Senin (13/1).

Suwarno mengaku selalu dihantui was-was saat musim hujan, terlebih di malam hari. Pasalnya, jika debet air kalinya besar, maka bisa mengikis tanah dan menyebabkan longsor. "Yang sekarang lonsor itu dulunya jalan untuk lewat, tapi hilang karena longsor," ungkapnya.

Kepala Desa Nawangsari, Ali Ridho mengatakan, upaya mencegah agar longsor tidak bertambah sudah dilakukan dengan mengerahkan warga untuk bekerja bakti, namun tidak mampu mengatasi longsor yang terus terjadi. Oleh karena itu, pihaknya meminta kepada dinas terkait untuk membuatkan bronjong agar longsong bisa diatasi.

"Kalau warga sendiri dengan memberi kantong-kantong berisi pasir tentu tidak mampu mengatasi. Jadi kalau bisa dibronjong," pungkasnya.(lid)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: