Prihatin, Kurangi Sampah Plastik

Prihatin, Kurangi Sampah Plastik

*SMPN 5 Sragi

KURANGI - Para siswa SMP Negeri 5 Sragi setelah berhasil mengurangi sampah plastik sebagai wadah makanan.

SRAGI - Berawal dari keprihatinan terhadap banyaknya sampah plastik bekas, SMP Negeri 5 Sragi berhasil melaksanakan program pengurangan sampah plastik dengan mengubah wadah makan menjadi tumbler, gelas dan piring yang dibawa siswa dari rumah. Aktivitas pengurangan sampah plastik ini telah dimulai sejak 13 Januari 2020 lalu.

Demikian disampaikan Kepala SMP Negeri 5 Sragi, Margiati SPd MPd. "Alhamdulillah setelah melalui beberapa tahapan, mulai dari mengumpulkan seluruh pedagang di lingkungan sekolah untuk sosialisasi, dilanjutkan dengan soaialisasi kepada siswa.

Alhamdulillah anak-anak di hari kedua sudah terbiasa dengan tumbler, gelas dan piring dari rumah," ujar dia.

Upaya tersebut telah berhasil menekan jumlah sampah plastik dengan sangat signifikan. "Aktivitas ini bermula dari keprihatinan saya akan sampah plastik. Juga bungkus plastik yang digunakan untuk membungkus makanan panas. Ini berbahaya bagi kesehatan siswa kalau dilakukan terus menerus," papar Bu Mar, sapaan karibnya.

Terkait wacana adiwiyata, pihaknya mengaku belum mempersiapkan, namun secara nyata pihaknya mulai melaksanakan hal kecil namun memiliki dampak besar sebagai salah satu upaya pemeliharaan lingkungan.

"Sebenarnya kami belum berencana menyiapkan sekolah adiwiyata. Ini murni keprihatinan akan keselamatan lingkungan dan siswa. Kebetulan hari berikutnya kami dapat Surat Edaran Mendikbud Nomor 19 tahun 2019 tentang Pelarangan Penggunaan Plastik di Lingkungan Kantor Kemendikbud dan di lembaga pendidikan, sehingga makin bersemangatlah kami untuk menjalankan program ini," pungkasnya. (yak)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: