Alhamdulillah, 27 Pemudik dari Papua Akhirnya Diizinkan Pulang

Alhamdulillah, 27 Pemudik dari Papua Akhirnya Diizinkan Pulang

Warga Batang yang baru mudik dari Papua ini menjalani karantina di Gedung Pramuka Batang.

BATANG - Sebanyak 27 warga yang mudik dari Papua ke Kabupaten Batang, akhirnya bisa kembali berkumpul dengan keluarganya. Pasalnya, mereka telah selesai menjalani masa karantina mandiri selama 14 hari di Gedung Pramuka.

Selain itu, dari hasil observasi yang dilakukan oleh tim medis, 27 warga tersebut kondisinya sehat. "Secara umum ke-27 orang tersebut kesehatannya baik dan tidak ada gangguan atau gejala mirip terpapar Covid-19," ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Batang, dr Mukhlasin, Sabtu (9/5/2020).

Mukhlasin mewakili pemkab Batang mengucapkan rasa terimakasih dan apresiasi kepada 27 orang telah menjalani karantina dengan kesadaran sendiri. "Apa yang dilakukan mereka itu adalah suatu upaya untuk menjaga keselamatan keluarga dan diri mereka sendiri dari Covid-19. Dan setelah dipastikan tidak membawa virus, mereka bisa kembali berkumpul dengan keluarganya," jelasnya.

Namun, lanjut Mukhlasin, meskipun sudah diperbolehkan pulang, namun mereka harus tetap mentaati protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah. Seperti selalu menjaga jarak minimal 1 meter dalam komunikasi dengan warga lain. Menjaga kesehatan badan dan lingkungan, tidak keluar rumah apabila tidak sangat penting, gunakan masker Setiap melakukan kegiatan dan selalu cuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir.

Sementara Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Batang Triossy Juniarto menambahkan, jumlah pemudik atau migran yang sudah tiba di Batang sebanyak 15.583 orang.

Adapaun rincianya untuk Kecamatan Bandar jumlah pemudik 2.583 orang, Banyuputih 470 orang, Batang 1.139 orang, Bawang 1531 orang, Blado 1.650 orang, Gringsing 1.626 orang.

Kandeman 360 orang, Limpung 848 orang, Pecalungan 507 orang, Reban 1.426 orang, Subah 341 orang, Tersono 1.442 orang, Tulis 462 orang, Warungasem 617 orang, dan yang melalui stasiun Batang 296 orang. (don)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: