Mess Persibat Jadi Alternatif Ruang Isolasi Covid-19

Mess Persibat Jadi Alternatif Ruang Isolasi Covid-19

TINJAU - Bupati Batang Wihaji didampingi Kepala Dinkes, Kepala Disparpora dan instansi terkait saat meninjau lokasi Mess Persibat Batang. NOVIA ROCHMAWATI

BATANG - Bupati Batang, Wihaji telah menunjuk mess Persibat Batang sebagai alternatif ruang isolasi Covid-19. Mess Persibat akan dipakai jika nantinya terjadi kejadian luar biasa terkait pandemi Covid-19 di Batang. Hal ini seperti disampaikan Wihaji saat meninjau lokasi Mess Persibat di Kasepuhan Batang, Kamis (26/3/2020).

"Kami ada skenario darurat, tetapi semoga tidak terjadi terjadi. Tetapi sebagai kepala daerah kami ada langkah darurat seadainya ada kejadian luar biasa. Mess Persibat ini adalah salah satu tempat yang kami siapkan untuk ruang isolasi. Minimal untuk yang Pasien Dalam Pengawasan (PDP)," ujar Wihaji.

Menurutnya mess persibat sudah cukup representatif dan bisa menampung setidaknya 24 pasien. Meski begitu nantinya pemkab masih akan menambah fasilitas penunjang agar nantinya siap digunakan jika ada kejadian luar biasa.

Terkait dengan tenaga kesehatan, pihaknya juga siap merekrut relawan tenaga kesehatan. Menurutnya saat ini tidak mungkin jika mengandalkan tenaga kesehatan yang ada di Puskesmas dan Rumah Sakit jika nantinya Mess Persibat digunakan sebagai ruang isolasi.

"Sedang kami siapkan fasilitas penunjangnya begitupun dengan tenaga kesehatannya. Nantinya jika memang ada kejadian luar biasa akan kami siapkan tenaga medis di luar yang ada di RS dan Puskesmas. Nanti kami aka rekrut relawan yang akan kami perhatikan. Tapi tentunya harus melihat kondisi juga, jika memang ada kejadian luar biasa. Tapi semoga tidak ada yang positif dan tidak ada kejadian luar biasa di Batang," harap Wihaji.

Terpisah, Ketua Persibat Batang, Danang Aji Saputra menyetujui jika Mess Persibat dijadikan tempat isolasi. Pihaknya berharap jika nantinya ada kejadian luas biasa, diharapkan mess Persibat bisa menampung pasien isolasi.

"Kebetulan messnya juga sudah diperbaiki. Meskipun nantinya masih perlu ada yang disesuaikan. Mess ini bisa jadi alternatif ruang isolasi di luar RS," imbuhnya. (Nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: