Ribuan Personil Diterjunkan Amankan Pilkada

Ribuan Personil Diterjunkan Amankan Pilkada

**TPS Terbanyak di Kecamatan Kedungwuni

KAJEN - Dalam mengamankan Pesta Demokrasi Pilkada 2020, ribuan personil gabungan siap dikerahkan. Personil gabungan yang diterjunkan diantaranya dari Polres Pekalongan, Sat Brimob, TNI, Linmas dan lainya. Masing masing personil akan disebar di sejumlah titik dari PPK hingga TPS.

Kapolres Pekalongan AKBP Aris Tri Yunarko melalui Kabag Ops Kompol I GN Simatupang menyampaikan bahwa tahapan pilkada serentak 2020 sudah dimulai dan kemarin sudah masuk dalam tahap pendaftaran. Polres Pekalongan pun sudah menurunkan sejumlah personil dibantu Kodim 0710 Pekalongan.

"Untuk jumlah personil pengamanan Pilkada 2020 yaitu pengamanan Polri 668, instansi samping sebanyak 4.611 personil. Pengamanan terdiri dari TNI 285 personil dan linmas 4.326 personil," terangnya.

Dikatakan, dalam pesta demokrasi wilayah Kabupaten Pekalongan terdiri dari 19 Kecamatan, 275 desa dan 10 kelurahan. Untuk 1 TPS maksimal 500 orang sehingga diperkirakan jumlah TPS 2.163. Sedangkan untuk data TPS terbanyak ada di Kecamatan Kedungwuni.

"TPS terbanyak adalah wilayah Kecamatam Kedungwuni, dan paling kecil di wilayah Pegunungan," lanjutnya.

Sedangkan pola pengamanan akan menyesuaikan dengan kondisi di lapangan. Apabila kondisi di lapangan aman maka menggunakan pola 2:16: 32.

"Pola keamanan TPS yaitu untuk aman 2 : 16 : 32, artinya 2 anggota Polri membawahi 16 TPS dan 32 linmas. Namun apabila Rawan kita gunakan pola 2 :8:16, kemudian apabila sangat rawan 2 :4:8," tegasnya.

Dengan pesta demokrasi ia nengimbau kepada masyarakat untuk ikut serta dalam menjaga situasi yang kondusif. Dengan demikian tercipta situasi yang damai. (Yon)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: