Sambut New Normal, Layanan Bus Tetap Mengedepankan Protokoler Kesehatan

Sambut New Normal, Layanan Bus Tetap Mengedepankan Protokoler Kesehatan

Puluhan Bus Pariwisata Konvoi

Untuk menyambut new normal, puluhan bus pariwisata dari Kabupaten/ Kota Pekalongan, Batang dan Pemalang, Minggu (21/06/2020) menggelar konvoi. Adapun konvoi dilepas oleh Bupati Pekalongan Asip Kholbihi di Jalan Mandurorejo Kajen.

Puluhan bus tergabung dalam Paguyuban Pengusaha Transportasi Pariwisata (PATRA) Pekalongan berkumpul Jalan Mendurorejo alun-alun Kajen. Konvoi secara simbolis dilepas oleh Bupati Pekalongan Asip Kholbihi dengan melibaskan bendera didampingi Ketua PATRA Pekalongan H. Denny Burhani, Sekretaris M. Zaenal Arifin dan Ketua Organda Kabupaten Pekalongan, Slamet Sutrisno selaku penasehat PATRA.

Adapun rute konvoi bus pariwisata start Jalan Mandurorejo Alun Alun Kajen dan finish menuju di Batang.

Sekretaris PATRA Pekalongan, M. Zaenal Arifin disela sela kegiatan menyampaikan bahwa konvoi dalam rangka menyambut new normal untuk sosialisasi ke masyarakat supaya tidak perlu khawatir berwisata.

''Dengan adanya new normal, berati telah memberikan harapan baru bagi kami pengusaha oto bus untuk kembali beraktifitas dalam menjalankan bisnis trasportasi,'' terangnya.

Diakui, adanya pandemi covid-19, hampir selama empat bulan armada berikut awak bus tidak beraktifitas. Tentunya hal ini membuat pengusaha bus menjadi kelimpungan dan kelabakan karena sebagian besar hanya mengandalkan dari usaha tersebut. Bahkan karena terlalu lama tidak berjalan, cukup banyak bus yang mengalami kerusakan, khususnya roda.

Oleh karena itu ketika ada signal bahwa armada boleh berjalan lagi, hal ini sangat menggembirakan anggota PATRA Pekalongan untuk menyambut ''kehidupan baru'' dengan menggelar konvoi bus. Dalam menjalankan usahanya nanti, pihaknya akan selalu mematuhi semua aturan protokoler kesehatan covid 19.

"Kami menyediakan hand sanitizer di dalam bus dan masker bagi calon penumpang. Kemudian social maupun phisyical distancing pun bakal diterapkannya agar bisa mengantisipasinya, " imbuhnya.

Bupati Pekalongan Asip Kholbihi menyampaikan bahwa saat ini wilayah kerjanya menjadi zona hijau penularan covid 19. Dengan demikian, jajarannya kini sedang menerapkan tatanan baru menghadapi new norwal di semua sektor. Makanya ketika ada kegiatan konvoi, disambutnya dengan baik daan harapannya benar-benar dimaksimalkan oleh pengusaha bus pariwisata.

Sebab, sebagian besar masyarakat di Kabupaten Pekalongan boleh dibilang sering memanfaatkan armada bus pariwata.

''Di sini masyarakatnya sering menggelar kegiatan ziarah wisata ke luar kota sehingga para pengusaha bus pariwisata agar mengelolanya dengan baik,'' katanya.

Kemudian bagi masyarakat, dengan adanya new normal maka seluruh wisata, khususnya di Jateng sudah dibuka. Terutama bagi warga yang sering ziarah wisata, agar tidak perlu khawatir dan dipersilakan memanfaatkan armada bus wisata di daerah. Namun demikian, dirinya berpesan kepada pengelola bus pariwisata agar selalu mengedepankan protokoler kesehatan supaya bisa sama-sama menjaga kebersihan diri selama perjalanan.

Sementara Ketua Organisasi Angkutan Daerah (Organda) Kabupaten Pekalongan Slamet menambahkan dengan menghadapi new normal ini diharapkan para pelaku usaha angkutan baik umum maupun pariwisata tetap mengedepankan protokoler kesehatan. Yakni dengan menyediakan sanitizer, mengenakan masker dan penumpang juga jaga jarak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: