Satpol PP Raih Peringkat 8 Keterbukaan Informasi Antar OPD Se Jateng

Satpol PP Raih Peringkat 8 Keterbukaan Informasi Antar OPD Se Jateng

*Penilaian tahap 3

PAPARAN - Kepala Satpol PP Kota Pekalongan, Sri Budi Santoso saat menyampaikan paparan dalam Uji Publik Final Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Publik Antar OPD Kabupaten/Kota Se Jateng.

KOTA - Untuk pertama kalinya, Satpol PP Kota Pekalongan terpilih mewakili OPD Pemkot Pekalongan mengikuti Uji Publik Final Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Publik Antar OPD Kabupaten/Kota Se Jateng.

Kepala Satpol PP Kota Pekalongan, Sri Budi Santoso, bersama Tim PPID Satpol, Rabu (20/11) melaksanakan paparan uji publik di hadapan tim juri di Aula Fakultas Hukum Unissula. Bertindak sebagai panelis penilai, Ketua Komisi Informasi Provinsi (KIP) Jateng, Drs. Sosiawan, Ketua PWI Jateng, Dr. Amir Machmud, dan Akademisi Unissula, Prof. Dr. Umar Maruf.

Final Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Publik se Jawa Tengah ini merupakan agenda rutin tahunan KIP Jateng. Pada tahun ini, selain penilaian tingkat Kab/Kota secara keseluruhan, setiap Kabupaten Kota juga mengikutkan 2 hingga 3 OPD sebagai perwakilan untuk dikakukan penilaian pemeringkatan antar OPD kabupaten/kota se Jawa Tengah.

Untuk tahun 2019, tiga OPD Kota Pekalongan melaju mengikuti final pemeringkatan KIP antar OPD Kab/Kota se Jawa Tengah, yaitu Satpol PP, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, dan RSUD Bendan. Sampai dengan penilaian tahap 3 (Visitasi Lapangan) yang dilakukan akhir Oktober 2019, Satpol PP menempati peringkat 8 se Jateng.

Nilai akhir secara keseluruhan akan diumumkan pada sekitar awal Desember 2019 bersamaan dengan pengumuman hasil pemeringkatan antar Kab/Kota secara keseluruhan.

Kasatpol PP Kota Pekalongan, Sri Budi Santoso, dalam paparannya menyampaikan 4 inisiatif untuk mendorong Keterbukaan Infornasi Satpol dalam rangka meningkatkan kualitas layanan, akuntabilitas, partisipasi dan kolaborasi publik, serta kontrol sosial. "Keempatnya yakni menyediakan menu khusus KIP di website Satpol sebagai menu utama, publikasi secara online laporan/ pengaduan/keluhan warga dan tindaklanjutnya, monitoring potensi kebakaran dan potensi penangganannya, serta penyelenggaraan forum konsultasi ketentraman dan ketertiban umum," tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, Sri Budi menyampaikan terima kasih kepada seluruh warga yang selama ini mendukung dan aktif memberikan informasi / laporan kepada Satpol PP sehingga layanan satpol dapat berjalan dengan baik. "Alhamdulillah berbagai inisiatif di atas ditanggapi positif masyarakat. Tanpa partisipasi dan dukungan masyrakat, Satpol PP tidak akan pernah bisa optimal menjalankan layanan yang sesuai dengan harapan masyarakat," tandasnya.(nul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: