Sebabkan Banjir, Empat DAS Diwaspadai

Sebabkan Banjir, Empat DAS Diwaspadai

**Pemkab Usulkan Normalisasi

TINJAU SUNGAI - Bupati Wihaji bersama DPUPR Batang saat meninjau daerah aliran Sungai Gabus, yang selama ini mudah meluap dan menyebabkan banjir di Kecamatan Batang.

BATANG - Empat daerah aliran sungai (DAS) di Kecamatan Batang dinilai menjadi biang dari musibah banjir yang merendam ratusan rumah di wilayah setempat. Keempat DAS tersebut, yakni Sungai Sambong, Sungai Gabus, Sungai Mati, dan Sungai Gendingan.

"Ya, empat DAS ini menjadi perhatian kita. Di mana keempat DAS ini akan kita upayakan untuk dilakukan proses normalisasi," ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Batang, Ulul Azmi, belum lama ini.

Ulul mengatakan, Pemkab Batang kini tengah berupaya mengusulkan proses normalisasi sungai itu ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah.

"Akan kita usulkan ke provinsi, meski keempat DAS tersebut tak sepenuhnya milik provinsi. Sebab, yang menjadi kewenangan provinsi itu hanya Sungai Sambong dan Sungai Gabus saja. Sedangkan untuk Sungai Mati kewenangannya ada di pusat dan Sungai Gendingan ada di kabupaten," terangnya.

Ulul menyebutkan, untuk Sungai Sambong Pemkab Batang telah mendapatkan anggaran normalisasi sungai sebesar Rp 100 miliar, yang sudah masuk dalam Perpres Nomor 79 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi Kawasan. Sehingga, direncananakan pada tahun 2021 nanti sudah dapat untuk dikerjakan.

"Sehingga pekerjaan kita ke depan yakni mengusulkan tiga DAS sisanya untuk dilakukan normalisasi," ucap Ulul.

Selain mengupayakan normalisasi sungai, menurut Ulul, Pemkab Batang ke depan juga akan melakukan langkah mitigasi struktural. "Kita juga akan berupaya melakukan langkah konservasi di wilayah atas," bebernya.

Seperti diketahui, di setiap intensitas curah hujan tengah tinggi, keempat sungai tersebut terbilang rentan meluap debitnya, sehingga membanjiri jalan dan pemukiman warga. Kondisi tersebut dipicu oleh sedimentasi parah yang menyebabkan pendangkalan hingga banyaknya bangunan permanen di atas aliran sungai. (fel)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: