Segera Periksa Jika Ada Gejala Corona

Segera Periksa Jika Ada Gejala Corona

**14 Warga Cina Negatif Corona

PENJELASAN - Kepala Dinkes Batang, Muchlasin, saat memberikan penjelasan soal virus corona, kemarin.

BATANG - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Batang memastikan hingga saat ini belum ada warganya yang positif terpapar Virus Corona. Meski begitu, mereka berharap masyarakat untuk segera memeriksakan diri jika timbul gejala terpapar Covid-19, seperti demam, radang tenggorokan, dan lainnya.

"Jadi jika ada masyarakat yang memiliki gejala terpapar virus Corona maka diharapkan untuk segera periksa ke faskes terdekat. Dan nanti kami akan rujuk ke rumah sakit rujukan di RSUD Kraton Pekalongan," ujarnya sat diwawancarai, Selasa (3/3/2020).

Terkait dengan TKA Cina yang dikarantina beberapa waktu lalu, pihaknya mengaku tidak menemukan suspect virus Corona. Para TKA pjuga sudah menjalani isolasi sesuai dengan prosedur dan mereka sudah beraktivitas kembali.

"Untuk proses isoalasi dan karantina kemarin berjalan lancar. Ke-14 TKA terus dinyatakan negatif. Dan sudah kembali bekerja. Namun jika nantinya ada yang harus diisolasi kembali kami sudah siapkan personil untuk memantau kesehatan mereka, dan nantinya juga akan kami rujuk ke RS rujukan," imbuhnya.

Ia pun berharap masyarakat bisa lebih menerapkan germas dan juga menerapkan PHBS. Lantaran virus Corona bisa dilawan dengan daya tahan tubuh yang sehat dan kuat.

Dinkes mengajak masyarakat rutin melakukan aktivitas fisik, mengkonsumsi buah dan sayur, tidak merokok dan mengkonsumsi alkohol, melakukan pemeriksaan kesehatan berkala, menjaga kebersihan lingkungan, dan menggunakan jamban.

"Selain itu, masyarakat juga diharap bisa menerapkan PHBS, dengan cuci tangan menggunakan sabun. Sehingga bisa menjaga kebersihan lingkungan dan meminimalisir penyebaran bakteri dan kuman serta penyakit," tandasnya. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: