Selamat, SDN Kauman 07 Sabet Adiwiyata Provinsi

Selamat, SDN Kauman 07 Sabet Adiwiyata Provinsi

BATANG - Tahun ini SDN Kauman 07 Batang berhasil memperoleh predikat Adiwiyata Provinsi dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Jateng. Penghargaan ini pun disampaikan melalui Channel YouTube DLHK Prov Jateng, Selasa (8/9/2020).

Kepala SDN Kauman 07, Anung Margono SPd MSi menjelaskan, keberhasilan ini sebagai apresiasi sekolahnya dalam menjaga lingkungan sekitar. Pihaknya pun memiliki tim Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS).

"Memang dalam kesehariannya kami berupaya untuk menanamkan kepedulian terhadap lingkungan kepada siswa kami. Terlepas ada kegiatan untuk Adiwiyata atau tidak. Karena kami pun sudah memiliki tim PBLHS dimana juga memiliki peranan untuk membentuk karakter anak yang juga berbudaya untuk lebih peduli pada lingkungan," jelas Anung didampingi Ketua Tim PBLHS, Casodo SPd SD, Selasa (15/9/2020).

Tim PBLHS juga memiliki beberapa agenda rutin. Seperti perawatan dan penanaman rutin, penghijauan lingkungan sekolah, pemanfaatan limbah menjadi benda yang bermanfaat dan lainnya. Kesuksesan PBLHS juga turut didukung pula dari komitmen orang tua. Bahkan para orang tua juga terjun langsung dalam kegiatan penanaman dan bersih-bersih rutin lingkungan sekolah.

"Kami libatkan seluruh elemen, tak hanya siswa, guru, tendik, tapi juga komite sekolah, orang tua dan masyarakat. Karena tujuan kami menjadi sekolah Adiwiyata tak hanya untuk lomba saja. Tetapi lebih ke pembentukan karakter siswa yang peduli dan berbudaya lingkungan," imbuh Anung.

Anung menambahkan, keberhasilan ini juga diraih berkat dukungan dari Disdikbud dan DLH Kabupaten Batang. Pasalnya kedua dinas terus melakukan pembinaan dan pendampingan selama menuju program Adiwiyata Provinsi.

Dengan prestasi Adiwiyata Provinsi ini, ke depan pihaknya akan maju ke tingkat nasional. Sembari menunggu informasi pelaksanaan nasional, pihaknya tetap melaksanakan program PBLHS secara rutin dengan menggandeng seluruh elemen.

"Tentunya kami juga bersemangat untuk maju ke tingkat nasional. Namun karena di tengah pandemi ini, jadwal untuk tingkat nasional sendiri belum ada kejelasan. Sehingga kami tetap menjalankan program rutin kami, karena sifatnya tidak hanya untuk lomba, tetapi lebih ke menanamkan karakter anak yang lebih peduli lingkungan. Harapannya tak hanya di sekolah tapi bisa juga di lingkungan sekitar mereka," pungkasnya. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: