Awas, Obat dan Kosmetik Ilegal Berseliweran

Awas, Obat dan Kosmetik Ilegal Berseliweran

TIDAK TERDAFTAR - Kasi Kefarmasian dan Alkes Dinkes Batang saat menunjukkan obat ilegal yang dijual di Pasar Batang.

BATANG - Dinkes Batang mengimbau masyarakat untuk waspada ketika membeli produk obat dan kosmetik. Pasalnya, belum lama ini tim Satgas Obat dan Makanan Ilegal menemukan beberapa obat dan kosmetik yang ilegal, baik secara bahan kandungan, maupun distribusinya.

"Kami mengimbau agar masyarakat bisa lebih selektif dalam membeli obat dan kosmetik. Karena beberapa ada yang mengandung bahan kimia berbahaya, dan tidak memiliki izin edar. Dan jika tidak memiliki izin edar kami khawatirkan barang tersebut palsu, dan tidak layak pakai," terang Kepala Dinkes Batang, melalui Kasi Kefarmasian dan Alkes, Riza Zakiyah, kemarin.

Dari sidak yang dilakukan beberapa waktu lalu, Tim Satgas berhasil menyita ratusan bungkus obat dan produk kosmetik ilegal. Seperti obat tanpa merk untuk sakit gigi dan gusi, pegal linu, dan lainnya. Juga ditemukan beberapa obat seperti Pi Kang Shuang dan lainnya.

"Hati-hati juga pada obat dari China. Biasanya mereka didistribusikan oleh sales yang tidak resmi. Seperti yang kami temukan beberapa waktu lalu di Pasar Batang. Dari warna tubenya saja sudah berbeda, lebih muda. Dan setelah kami cek, ternyata izin edarnya palsu," jelasnya.

Pihaknya berharap, ke depan masyarakat bisa lebih jeli dalam membeli obat dan kosmetik. Terutama untuk memastikan jika produk yang dibeli masih belum kadaluarsa.

"Banyak obat dan kosmetik yang dijual ada juga yang melebihi tanggal kadaluarsanya. Kami harap masyarakat lebih hati-hati ketika membeli," tegasnya. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: