Musim Penghujan, Daerah Atas Rawan Gangguan

Musim Penghujan, Daerah Atas Rawan Gangguan

*) PLN Siagakan Petugas 24 Jam Nonstop

PERBAIKAN - Petugas tengah melakukan pemasangan tiang listrik akibat roboh karena jaringan tertimpa pohon tumbang di wilayah Lebak barang.

KAJEN - Memasuki musim penghujan daerah wilayah atas Kota Santri rawan akan terjadinya gangguan jaringan listrik. Untuk itu PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Pekalongan menyiagakan petugas selama 24 jam nonstop. Dengan demikian ketika ada gangguan petugas bisa dengan cepat turun ke lokasi.

Adapun wilayah rawan seperti Kecamatan Petungriyono, Lebak Barang, Paninggaran, Kandangserang dan wilayah pegunungan lainnya yang memang berada di dataran tinggi. Karena jaringan listrik kerap tertimpa pepohonan ketika hujan tiba.

Manajer PLN UP3 Pekalongan Joko Hadi Widayat menyampaikan, secara umum lingkungan wilayah kerja PLN Pekalongan banyak ditemukan titik lokasi pepohonan yang menjadi salah satu penyebab yang cukup besar. Untuk daerah rawan gangguan sebenarnya tidak hanya ada di daerah pegunungan melainkan wilayah yang banyak jaringan dekat dengan pohon. Saat musim penghujan, pohon bisa menempel atau tumbang menimpa jaringan.

"Untuk daerah rawan bencana seperti Lebakbarang daerah Petungkriyono yang memang disana kondisi alamnya cukup ekstrim, untuk itu juga kami memerlukan waktu untuk memulihkan jaringan dari gangguan. Ya kami mohon masyarakat segera melaporkan segala kemungkinan," katanya.

Dalam penanganan, lanjut dia, diperlukan kerjasama dengan masyarakat atau pelanggan yang menjadi imbas gangguan. Dengan begitu maka dapat dengan cepat tertangani.

"Untuk pengamanan dan untuk penanggulangan lebih lanjut dari petugas PLN yang datang ke lokasi gangguan dan biasanya ada kerjasama dari pelanggan. Namun apabila sifatnya adalah untuk umum kita biasanya dari temen-temen petugas yang mengecek kepada kesiapan tempat tersebut untuk memberikan masukan kepada panitia atau pengelola gedung, " lanjutnya.

Dia menyatakan, selain mengantisipasi gangguan dari pohon, anak anak yang bermain layang-layang itu mungkin juga perlu ada perhatian karena itu menjadikan satu potensi bahaya.

"Bagi masyarakat orang tua khususnya untuk selalu memperhatikan kondisi anaknya di manapun dia berada dan segera melaporkan kepada PLN ketika memang ada potensi bahaya yang mengganggu," pesannya. (Yon)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: