Bantu Cegah Covid-19, Pasar Online Diterapkan

Bantu Cegah Covid-19, Pasar Online Diterapkan

*Berlaku di Semua Pasar Daerah

TRANSAKSI - Salah satu pedagang saat menyerahkan barang kepada
tukang ojek untuk diantarkan ke konsumen.

BATANG - Kabar gembira untuk masyarakat Batang, pasalnya inovasi pasar online sudah bisa dinikmati di seluruh pasar daerah. Meski awalnya hanya tersedia di Pasar Batang, kini layanan pasar online sudah bisa dinikmati di 8 Pasar Daerah. Bahkan, sudah bisa digunakan juga di 3 Pasar Desa.

"Ini merupakan inovasi kami agar masyarakat tetap bisa berbelanja kebutuhan pasar di rumah aja. Sehingga bisa meminimalisir rantai penyebaran Covid-19," terang Kepala Disperindagkop dan UKM Batang, Subiyanto didampingi Kabid Pasar dan PKL, Adi Baskoro, Senin (27/4/2020).

Dijelaskan, layanan pasar online ini sudah tersedia di Pasar Batang, Pasar Limpung, Pasar Bandar, Pasar Subah, Pasar Bawang, Pasar Tersono, Pasar Plelen, Pasar Warungasem, Pasar Blado, Pasar Juragan, dan Pasar Simbang Desa.

Pihaknya sudah melakukan sosialisasi terkait program pasar online ini. Di mana dalam sosialisasi tersebut turut dicantumkan nomor-nomor pedagang sesuai dengan kelompoknya. Nantinya jika membutuhkan suatu barang, pembeli bisa menghubungi pedagang tersebut dan bahkan bisa melakukan tawar menawar. Baru jika sudah disepakati harganya pedagang akan bekerja sama dengan ojek online melaui program pengiriman untuk mengirimkan bahan ke konsumen.

"Jadi di Whats App mereka bisa saling tawar menawar harga. Bisa juga menggunakan video call agar bisa melihat penampakan barang yang ada. Nah baru kalau sudah sepakat barang tinggal kirim dengan jasa pengiriman yang disediakan ojek online. Nanti pembeli hanya menanggung ongkos kirim dan ongkos pembelian produk tanpa harus ke pasar," pungkasnya. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: