Bebas PPnBM Mobil, Lantas Konsumen Terpanggil?

Bebas PPnBM Mobil, Lantas Konsumen Terpanggil?

Sejak isu insentif ini muncul, masyarakat mulai gencar berbagi informasi perbandingan harga mobil. Di sini, masyarakat yang memang berminat membeli mobil baru harus lebih cermat dengan ketentuan baru ini. Pastikan mobil yang ingin dibeli termasuk kriteria yang dikenai PPnBM DTP. Kemudian cek harga mobil terbaru. Perhatikan nilai diskon PPnBM berdasarkan waktu pembelian dan diskon yang ditawarkan dealer atau penjual. Pilihlah mobil yang sesuai dengan kebutuhan dan budget.

Namun, perlu benar-benar diperhatikan, khususnya bagi pelaku usaha yang menjual mobil dengan insentif ini. Penjual wajib membuat faktur pajak PPnBM DTP dan harus tetap melaporkan Surat Pemberitahuan Masa PPN ke Kantor Pajak terdaftar sebagai laporan realisasi PPnBM ditanggung pemerintah. Karena apabila tidak memenuhi syarat tersebut maka PPnBM DTP ini dapat ditagih kembali.

Relaksasi PPnBM ini merupakan bentuk dukungan pemerintah bagi sektor industri kendaraan bermotor dan keberlangsungan dunia usaha sektor industri kendaraan bermotor yang terdampak pandemi. Mampu tidaknya kebijakan ini mendongkrak perekonomian di segmen otomotif sangat bergantung pada masyarakat. (red)

Penulis : Qonitah - Pekalongan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: