Bukan Hanya Simbol, Pancasila Harus Dilaksanakan Optimal

Bukan Hanya Simbol, Pancasila Harus Dilaksanakan Optimal

KENDAL - Anggota MPR RI dari Fraksi Partai Golkar Mujib Rohmat menegaskan bahwa Pancasila harus dilaksanakan secara optimal. Sehingga NKRI akan tetap bisa utuh dan bersatu. Karena Pancasila bukanlah hanya simbol sila-sila. Tapi harus bisa dilaksanakan dan diimplementasikan dalam kegiatan bermasyarakat.

"Pancasila harus jadi nilai dan semangat untuk seluruh rakyat Indonesia memajukan negeri. Sehingga tidak ada lagi membedakan suku, ras, agama maupun kepentingan antar golongan," katanya saat kegiatan Sosialisasi 4 Pilar MPR RI di Balai Desa Bebengan, Boja, kemarin.

Diungkapkan, Pancasila saat ini kunci keberhasilan seluruh bangsa untuk melewati pandemi Covid-19. Sebab tanpa ada semangat Pancasila, maka yang terjadi adalah ego sentris masing-masing daerah, kelompok dan golongan. Sehingga yang terjadi bukan keberhasilan, melainkan akan memperparah dan memperpanjang masa pandemi ini.

"Dibutuhkan kebersamaan, gotong royong dan kepedulian sesama untuk saling membantu," ungkapnya.

Dia menyatakan, Pancasila tidak hanya berhenti dalam wacana semata. Melainkan harus menjadi gaya hidup dan semangat seluruh warga negara Indonesia. Menurutnya dewasa ini semua orang harus berpikir bagaimana membumikan Pancasila.

"Dari hal sederhana dan dalam konteks yang bisa dipahami dan dirasakan oleh masyarakat luas," terangnya. (lid)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: