Disperindagkop Batang Usulkan Operasi Pasar

Disperindagkop Batang Usulkan Operasi Pasar

PILAH - Salah satu pedagang bawang putih saat memilah stok bawang putih. NOVIA ROCHMAWATI

BATANG - Menyusul harga Bawang Putih yang melambung, Disperindagkop dan UKM Batang menyiapkan beberapa langkah. Selain menunggu kebijakan dari pusat, pihaknya saat ini juga tengah mengupayakan konsultasi dengan provinsi untuk pengadaan operasi pasar.

Hal ini seperti disampaikan Kepala Disperindagkop dan UKM Batang, Subiyanto melalui Kabid Perdagangan, Endang Rakhmawati. Menurutnya saat ini pihakny akan segera berkoordinasi dengan Pemprov untuk pengadaan operasi pasar.

"Kami sedang mengajukan konsultasi mengenai operasi pasar ke Provinsi. Jadi kami belum dapat kepastian, karena kami baru akan konsultasi. Kalau sudah dapat kepastian, kami nantinya juga akan menggandeng Bulog karena harus ada bantuan agar operasi pasar bisa terlaksana," ujarnyasaat diwawancarai Radar Pekalongan, Selasa (11/2/2020).

Menurutnya, melonjaknya harga bawang putih karena sempat adanya keterlambatan pengiriman impor bawang putih dari Cina. Keterlambatan ini pun mengakibatkan harga yang melambung lantaran stok di pasaran mulai menipis.

"Kalau dari rumor karena adanya virus corona di Cina, tapi yang jelas memang ada keterlambatan pengiriman impor dari Cina membuat stok di pasaran menipis. Sedangka lebih dari 80 persen impor bawang putih Indonesia saat ini berasal dari Tiongkok," jelasnya.

Dikatakannya, Kementan baru menerbitkan Rekomendasi Impor Produk Hortikultura (RIPH) untuk bawang putih pada 7 Februari lalu atau ketika harga bawang putih terlanjur mengalami lonjakan di pasar.

"Informasi yang saya dapat, dari RIPH yang diterbitkan Kementan akan ditindaklanjuti Kemendag pada 12 Februari besok. Jadi kemungkinan harga bisa berangsur stabil, jadi kami juga pantau apakah setelah itu masih perlu Operasi Pasar atau tidak," pungkasnya.

Dikatakan, saat ini pihaknya masih melakukan pemantauan harga. Dan tak dipungkiri memang perkembangannya harga bawang putih naik di semua daerah.

"Saat ini kami masih memantau harga, dimana sekarang bawang putih sudah berkisar Rp 55 Ribu sampai Rp 60 Ribu normalnya Rp 33 Ribu. Kenaikkan ini memang terjadi di beberapa daerah, bahkan di seluruh Indonesia," tandasnya. (Nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: