Hari Anak Internasional SMK Musi

Hari Anak Internasional SMK Musi

*SMK Muhammadiyah Kesesi

MERIAH - siswa dan guru SMK memperingati Hari Anak Internasional yang di kemas dengan kegiatan meriah bermanfaat dan menambah wawasan.

KESESI - Pada hari Kamis (07/11) lalu, suasana di SMK Muhammadiyah Kesesi cukup berbeda dengan hari-hari biasanya. Pasalnya, seluruh siswa dan guru SMK memperingati Hari Anak Internasional yang di kemas dengan kegiatan bermanfaat dan menambahkan wawasan.

Para siswa SMK Musi, membawa buku bacaan fiksi maupun non fiksi yang kemudian dibaca bersama serentak di luar kelas. "Kenapa begitu? Karena dengan membaca di luar kelas suasana menjadi lebih santai dan enjoy untuk membaca," tutur Wakil Kepala Bidang Kesiswaan SMK Musi, Yudha Satyo Wibowo.

Diantaranya, terdapat siswa yang membaca sembari makan di kantin, membaca di area masjid, beberapa di gazebo sekolah, serta di beberapa sudut sekolah lainnya. "Tempatnya sesuka mereka, bebas untuk mencari suasana membaca yang menyenangkan," lanjutnya.

Kegiatan tersebut di awali dengan apel di pagi yang dilanjutkan dengan aktivitas mengambil sampah di area sekitar. Hingga kemudian dilanjutkan dengan kegiatan membaca dan meresum hasil bacaan. "Dari tugas ini dapat dilihat sejauh mana keseriusan mereka dalam mencari inti atau isi buku yang dia baca," ujar Pak Yudha, sapaan akrabnya.

Melalui kegiatan ini pihaknya bermaksud ingin mengulang kembali kebiasaan di masa lalu yang notabennya pada masa SD anak-anak masih dekat dengan buku dan suka membawa buku sabagai bahan bacaan.

Diharapkan, para siswa dapat mengulang kembali manfaat membaca dan dapat lebih menghargai sebuah ilmu pengetahuan yang ada di sekitar. "Bisa kita gambarkan remaja sekarang ini sudah banyak yang melupakan pembiasaan membaca lihat buku saja mereka sudah sungkan apa lagi membaca mereka cenderung atau gemar bermain game. Semoga kegiatan seperti ini mampu mengembalikan daya pikir mereka terhadap buku menjadi gemar membaca," pungkasnya. (yak)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: