Hari Ini, 10.692 Siswa SMP Sederajat Jalani UNBK

Hari Ini, 10.692 Siswa SMP Sederajat Jalani UNBK

BATANG - Hari ini, Senin (22/4), 10.692 siswa SMP sederajat di Kabupaten Batang menjalani Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Tahun ini, SMP sederajat di Batang sudah 100 persen menggunakan sistem UNBK, meski seluruhnya menggelar secara mandiri.

SIMULASI - Sejumlah siswa SMP saat mengikuti simulasi UNBK, belum lama ini. NOVIA ROCHMAWATI

"Tahun ini di Batang untuk jenjang SMP sederajat sudah melaksanakan UNBK 100 persen. Hanya saja belum semuanya menggelar secara mandiri, beberapa sekolah masih harus menginduk ke sekolah lain," terang Kabid Pendidikan Dasar Disdikbud Batang, Sabar Mulyono, Minggu (21/4).

Dijelaskan, dari 111 SMP sederajat yang ada di Batang, 49 sekolah di antaranya sudah menggelar UNBK secara mandiri. Sementara sisanya sekitar 62 sekolah masih numpang di sekolah lainnya.

"Kami harap ke depan jumlah penyelenggara UNBK secara mandiri bisa bertambah. Kami pun sudah berupaya memberikan bantuan stimulan kepada beberapa sekolah agar bisa menggelar UNBK secara mandiri," imbuhnya.

Menurut Sabar, Senin ini tak hanya siswa SMP sederajat yang akan mengikuti UN. Siswa dari tingkat SD juga akan menjalani Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Di mana tahun ini ada sekitar 9.314 siswa SD yang akan menjalani USBN. Untuk jenjang MI, USBN sudah dimulai sejak 15 April lalu dengan 2.541 peserta

"Untuk MI sudah dimulai lebih awal karena mereka mata ujiannya lebih banyak. Dan nanti ujian akan dilangsungkan hingga 4 Mei mendatang," tandasnya. (Nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: