Pemilih Pemula Diminta Jeli Awasi Proses Pemilu 2019

Pemilih Pemula Diminta Jeli Awasi Proses Pemilu 2019

PELATIHAN- Gandeng PWI Kendal, Bawaslu Kendal menggelar pelatihan jurnalistik bagi pemilih pemula di SMAN 1 Kendal, Kamis kemarin. NUR KHOLID MS

KENDAL - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kendal menyelenggarakan pelatihan jurnalistik bagi pemilih pemula di SMAN 1 Kendal, Kamis (28/2) kemarin. Kegiatan itu melibatkan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) setempat.

Kegiatan yang dipusatkan di aula SMAN 1 Kendal itu diikuti pengurus OSIS. Sementara tema yang diangkat, yakni pemilih pemula mampu menganalisa berita hoax dan sosisalisasi pengawasan partisipatif.

Ketua Bawaslu Kendal, Odilia Amy Wardani mengatakan, generasi muda, terutama pemilih pemula, perlu jeli dalam mengawasi proses Pemilu 2019. Selain itu, kalangan muda juga perlu mengetahui peraturan-peraturan yang menjadi aturan main Pemilu, sehingga tidak terjerumus dalam pelanggaran pemilu.
"Misalnya peraturan dalam kampanye, penempatan APK yang sesuai aturan, dan mengetahui jenis-jenis money politics," katanya.

Menurutnya Odilia, pemahaman peraturan pemilu kepada anak muda akan membentuk generasi yang peduli akan masa depan bangsa serta cerdas dalam memilih calon pemimpin. "Kegiatan ini penting dilakukan agar pemilih pemula cerdas dan ikut mengawasi proses Pemilu 2019," ucapnya.

Sementara itu, Ketua PWI Kendal, Agus Umar mengatakan, pengawasan terhadap jalannya pemilu sangat diperlukan dan melibatkan generasi muda. Generasi muda diharapkan menjadi generasi yang kristis dalam menerima informasi.
"Maka dari itu, perlu mereka ketahui cara mengidentifikasi sebuah informasi," katanya. (nur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: