SMPN 8 Batang Ajak Siswa Berwirausaha

SMPN 8 Batang Ajak Siswa Berwirausaha

HADIRI - Wakil Bupati Batang, Suyono saat menghadiri Bazar Murah yang digelar dalam rangka HUT ke-21 SMPN 8 Batang, didampingi Kepala Sekolah dan Guru, pengawas SMP, Drs Sukanan Widaryanto MPd dan Komite sekolah, H Sukirjo.

BATANG - Dalam Perayaan HUT Ke-21, SMPN 8 Batang menggelar resepsi HUT dan Bazar Murah, Senin (6/1). Bazar Murah yang dihadiri Wakil Bupati Batang, Suyono ini diharapkan bisa mendorong siswa untuk berwirausaha ke depannya.

Wakil Bupati Batang, Suyono, yang hadir dalam kesempatan ini mengapresiasi program bazar yang diadakan. Pasalnya melalui bazar ini, siswa tidak hanya belajar seputar akademik saja. Tetapi bisa belajar di luar akademik seperti pendidikan karakter, kewirausahaan dan pendidikan lainnya.

"Justru bazar ini jadi pembelajaran nilai plus bagi siswa. Karena tidak hanya terpaku pada kurikulum. Tapi bisa belajar bagaimana caranya berwirausaha yang bisa jadi peluang untuk masa depan mereka. Karena sukses justru datang dari pelajaran tambahan plus seperti ini," terang Suyono yang juga menyumbangkan pakaian layak pakai untuk bazar.

Dalam kesempatan itu, Suyono juga berharap agar siswa dididik di luar kurikulum sekolah dengan mencari referensi untuk mengedukasi anak didiknya lanjutnya, karena sukses tidak mutlak dari kurikulum tapi juga dari edukasi tambahan sebagai nilai plus bagi siswa.
Dalam kesempatan ini juga diberikan bantuan alat sekolah oleh Lazizmu kepada 26 siswa. Dan turut diberikan pula santunan kepada anak yatim oleh Wabup Suyono.

Kepala Sekolah SMPN 8 Batang Moehamad Santoso SPd MSi mengatakan perayaan kemeriahan HUT ke 21 berlangsung selama tiga hari berturut-turut, yang dimulai hari Jumaat, Sabtu dan Senin tanggal 3-6 Desember 2020. Untuk resepsi kali ini, ia memilih untuk menggelar kegiatan bazar sebagai sarana wirausaha siswa.

Selain itu, program ini juga sesuai dengan tugas pokok kepala sekolah. Dimana kepala sekolah diharapkan bisa memiliki kemampuan managerial, kemampuan supervisi dan kemampuan kewirausahaan.
"Ini jadi salah satu tugas pokok saya untuk bisa menstimulan siswa berwirausaha. Oleh karenanya kami gelar bazar murah ini.

Alhamdulillah Pak Wabup bahkan putranya juga menyumbang pakaian layak pakai yang bisa dijual di sini dan nanti dikelola oleh siswa," jelasnya.

Pengawas SMP Kabupaten Batang, Drs Sukanan W MPd juga mengapresiasi kegiatan yang digelar SMPN 8 Batang. Menurutnya dengan bazar ini juga siswa dapat pengalaman belajar bagi mereka. Khususnya mendorong siswa lebih kreatif dengan menciptakan produk yang dijual di bazar.

Sementara itu, perwakilan Komite SMPN 8 Batang, H Sukirjo berharap ke depan SMPN 8 Batang bisa semakin maju. Dan juga bisa meningkatkan kualitas pendidikan dan menyediakan fasilitas yang dibutuhkan oleh siswanya.

"Kami juga upayakan agar bisa menggelar UNBK, didukung kemauan siswa, guru, komite dan wali murid. Dan pendidikan kami ke depan semakin lancar dan berjalan terus. Kami ingin ke depan SMPN 8 Batang semakin maju dan semakin berkualitas," pungkasnya. (nov/adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: