Sodong Ditetapkan jadi Kampung KB Percontohan

Sodong Ditetapkan jadi Kampung KB Percontohan

Batang - Bupati Batang, Wihaji, meresmikan kampung KB percontohan Desa Sodong, Kecamatan Wonotunggal, Rabu ( 9/10). Kampung KB Sodong ditetapkan sebagai Kampung KB Percontohan lantaran terbukti mampu mengikuti program pemerintah melalui KB ada peningkatan kesejahteraan bagi warganya.

"Sodong asli Ndeso, jadi niat berkembangnya dan keinganan warga untuk maju sangat tinggi. Maka kami mensupport sebagai kampung KB percontohan," kata Wihaji.

Bupati bahkan mengaku sangat terkesan dengan data kependudukan Kampung KB Percontohan Sodong. Sebab datanya tersaji lengkap, seperti pendataan keluarga, data potensi desa, dan data anak sekolah hingga data lansia dan janda komplit dimilikinya. Berdasarakan data, usia harapan hidup warganya mencapai 85 tahun, lebih tinggi dari usai harapan hidup provinsi yang hanya 74 tahun.

"Datanya luar biasa dan berkualitas, data itu penting untuk digunakan Pemkab Batang. Jadi kita tahu seberapa banyak usia produktif, dan berapa anak balita dan berapa orang yang akan menikah dan punya anak. Intinya, dengan KB hidup menjadi terencana, sehingga keluarga dapat tercukupi kebutuhan sandang pangan papan dan pendidikan serta kesehatanya. " kata Wihaji..

Kepala Perwakilan BKKBN Jawa Tengah, Wagino mengatakan, Desa Sodong lingkungannya sangay asri, bersih, dan rapi, sehingga bisa diikutkan dalam percontohan tingkat desa, kecamatan, kabupaten maupun provinsi.

"Untuk tahun depan bisa diajukan untuk ikut penilaian kampung KB tingkat nasional, karena satu satunya kampung KB yang mampu mendeteksi dan mengidentifikasi permaslahan desanya dengan berbasis data," jelas Wagino.

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlundungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APK2B), dr Mukhlasin mengatakan, Pemkab total telah meresmikan 35 Kampung KB.

"Kampung KB percontohan harus aktif, jangan sampai nganggur, tapi terus aktif melaksanakan untuk medukung dan meningkatkan keluarga yang berkualitas dan meningkatakan kesejahteraan masyarakat," pesannya. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: