Ingat! Fogging Hanya Bunuh Nyamuk Dewasa, Bukan Jentik

Ingat! Fogging Hanya Bunuh Nyamuk Dewasa, Bukan Jentik

FOGGING - Salah satu kegiatan Fogging yang dilakukan oleh
Dinkes Batang.

BATANG - Melonjaknya angka Demam Berdarah di Batang harus disikapi bijak oleh masyarakat. Salah satunya dengan menggiatkan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN). Terlebih, per 10 April lalu tercatat sudah ada 179 kasus DB yang terjadi di Batang, tiga di antaranya bahkan meninggal dunia.

Kepala Dinkes Batang, dr Muchlasin melalui Kasi Pencegahan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM), Farikhun Asror mengajak masyarakat untuk menggiatkan PSN. PSN disebutnya lebih ampuh daripada sekadar fogging saja.

"PSN lebih ampuh karena bisa membunuh nyamuk dari mulai jentik, sehingga bisa meminimalisir perkembangbiakan nyamuk. Sementara untuk fogging hanya bisa membunuh populasi nyamuk dewasa, sehingga kurang efektif untuk menekan angka DB," jelasnya.

Menurut Farikhun, akan lebih baik jika masyarakat menggiatkan PSN dengan 3M Plus, yakni membersihkan tempat penampungan air yang bisa menjadi sarang nyamuk, menutup penampungan air, atau mengubur tempat-tempat yang bisa menjadi sarang nyamuk, dan memanfaatkan barang-barang bekas yang tidak terpakai, dan juga menaburkan bubuk larvasida pada penampungan air, menggunakan kelambu atau anti nyamuk saat tidur, dan menanam tanaman anti nyamuk.

"Sebagian orang hanya mengandalkan kegiatan pengasapan yang dilakukan pemerintah atau Puskesmas lokal. Oleh sebab itulah, mencegah DBD dengan 3M plus tetap harus dijalankan bersamaan dengan pengasapan agar hasilnya lebih optimal," imbuhnya.

Jika menginginkan tindakan fogging, ia juga mengimbau masyarakat untuk menunggu sesuai jadwal. Pasalnya, anggaran dan tenaga yang ada tidak bisa memenuhi lonjakan permintaan fogging. Fogging diharapkan juga bisa dilakukan sesuai dengan jadwal yang sudah disusun.

"Jadi semisal masyarakat masih kukuh untuk dilaksanakan fogging, mohon menunggu sesuai jadwal yang sudah ditetapkan. Sambil menunggu alangkah lebih baiknya kita bisa terus melaksanakan PSN karena lebih efektif untuk meminimalisir DB," ajaknya. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: