Tahun Depan Diharapkan Seluruh Kios di Pasar Batang Tersewa Seluruhnya

Tahun Depan Diharapkan Seluruh Kios di Pasar Batang Tersewa Seluruhnya

  • Tahap Awal 9 Penyewa Menangkan Lelang
LELANG - Tim lelang sewa kios Pasar Batang telah melakukan pembukaan harga penawaran dari peserta lelang. NOVIA ROCHMAWATI

BATANG - Disperindagkop Batang kembali mengadakan lelang sewa kios pasar Batang periode 3, Kamis (19/12) di aula Disperindagkop Batang. Dalam periode ini total ada sembilan kios yang berhasil dilelang dari 62 kios yang ditawarkan.

"Sudah kami infokan ke masyarakat, namun memang di lelang kali ini hanya ada sembilan penyewa saja yang mengikuti lelang. Setelah pelunasan selesai mereka nantinya akan ada perjanjian antar kedua pihak setelah itu kios bisa ditempati," terang Kepala Disperindagkop Batang, Subiyanto saat diwawancarai usai lelang.

Dijelaskan, kios ini memiliki berbagai ukuran yang bervariasi. Mulai dari ukuran 2x3 meter persegi dan hingga yang paling besar sekitar 3x4 meter persegi. Terkait harga sewa, Disperindagkop mematok Rp 5.200.000 permeter untuk jangka waktu 5 tahun.

Sebelumnya para peserta lelang sudah memberikan jaminan uang lelang sebesar 75 persen dari harga pokok terendah dari kios yang akan disewa tersebut. Jaminan tersebut telah disetorkan kepada Bank Jateng. Setelah dinyatakan menang, nantinya peserta lelang akan diberikan waktu lima hari kerja untuk melunasi harga sewa sesuai dengan kesepakatan lelang.

"Kami berikan waktu lima hari kerja, maksimal sampai 30 Desember untuk melunasi harga sesuai dengan kesepakatan lelang. Setelah semuanya beres, dan administrasinya rampung bisa segera dipakai oleh pemenang lelang," terangnya.

Pihaknya pun ke depan akan kembali menata zonasi pasar. Hal ini dilakukan agar 53 kios yang masih kosong bisa segera tersewa.

"Jadi memang untuk kios lainnya letaknya kurang strategis. Di sisi barat lantai dua itu juga dekat dengan penjual ayam. Dan itu juga cukup mengganggu jika ada yang akan berjualan di kios sebelah barat. Nantinya juga akan kami bangun jalur penghubung untuk sepeda motor untuk bisa akses ke sebelah barat lantai dua. Sehingga kalau pedagang akan membawa dagangannya bisa lebih mudah," tandasnya.

Untuk lelang selanjutnya pihaknya akan fokus pada triwulan kedua 2020 mendatang. Harapannya di tahun 2020 seluruh kios di pasar Batang bisa tersewa seluruhnya. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: