Tak Ada Ruginya Berorganisasi

Tak Ada Ruginya Berorganisasi

Drs H Nasikhin MH

SEBAGAI patihnya birokrasi, Drs H Nasikhin MH dikenal piawai dalam manajerial. Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Batang itu diakui sebagai pimpinan yang cara berpikir dan berkomunikasinya cukup metodis dan sistematis, sehingga dia terbiasa memimpin rapat dengan efektif.

Ditanya soal itu, Nasikhin pun menjawab diplomatis. Dia mengaku hanya mencoba mengaktualisasikan ilmu dan ketrampilan yang diperolehnya selama mengenyam bangku pendidikan serta terutama belajar di organisasi.

"Ya tanpa sadar, apa yang terekam saat kuliah, pengalaman di organisasi, itu semua tersimpan dan otomatis akan keluar saat dibutuhkan, saat harus membaca dan menangani masalah. Itu semua butuh metodologi, butuh pengalaman, ya belajarnya di bangku kuliah dan di organisasi. Jadi, tak pernah ada ruginya berorganisasi," ungkap Nasikhin.

Kapasitas itu pun menjadi tarjaga melalui aktivitas membaca buku. Dia menyebut kebiasaan membaca buku ibarat menghimpun stock of knowledge di masa lalu sekaligus meng-upgrade pengetahuan kekinian. Tak heran, ruang kerja Nasikhin di rumah maupun di kantor, atau bahkan di mobil juga selalu tersedia tumpukan buku. "Kata orang bijak, kita adalah apa yang kita baca. Kualitas semacam ini akan terlihat saat orang berbicara di forum, di depan khalayak umum," ucapnya. (sef)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: