Tak Cukup Ngaji, Beragama Harus Berkarya Nyata

Tak Cukup Ngaji, Beragama Harus Berkarya Nyata

*PCM Blado Bangun Gedung Dakwah Rp 500 Juta

SIMBOLIK - Ketua PDM Batang, H Nasikhin, secara simbolik melakukan peletakan batu pertama, menandai dibangunnya Gedung Dakwah PCM Blado, kemarin.

BATANG - Denyut kehidupan Muhammadiyah di setiap tempat memang salah satunya ditandai dengan aktivitas pengajian, seperti sering diungkapkan mendiang AR Fachrudin. Tetapi untuk menjadi mandiri dan berkemajuan, ruh beragama juga harus menjelma dalam karya nyata.

Demikian arahan Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Batang, Drs H Nasikhin MH, di hadapan ratusan jamaah yang menghadiri Pengajian Ahad Pagi Bersama PCM Blado, PCM Bandar, PCM Wonotunggal, dan PCM Reban, pagi kemarin, di Desa Blado. "Mari mengingat dan mengaktualisasikan kembali pesan Kiai Ahmad Dahlan, Ad-diinu huwa amal. Bahwa beragama dan bermuhammadiyah tidak cukup hanya ngaji, apalagi hanya berwacana dan bernarasi, tetapi harus diamalkan, harus ada karya nyata, bila perlu yang monumental. Insya Allah, ini akan menjadi amal jariyah kita kelak," pesan Nasikhin.

Menurut dia, fenomena Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) yang terus bertumbuh di berbagai pelosok negeri, baik di bidang kesehatan, pendidikan, maupun sosial, adalah bagian dari karakter otentik warga persyarikatan yang sejak awal ditauladankan sang pendiri, KH Ahmad Dahlan. "Maka diam-diam Muhammadiyah terus membangun tanpa henti, berkarya nyata untuk umat dan bangsa. Kita menempuh jalan sunyi, tak perduli besar infaq, shodaqoh dan wakaf yang kita keluarkan. Karena bermuhammadiyah adalah belajar menjadi ikhlas, mandiri, dan berkemajuan," terang Nasikhin.

Acara pengajian juga sekaligus dirangkai dengan peletakan batu pertama pembangunan Gedung Dakwah PCM Blado yang berlokasi di belakang KPRI Lestari Mart Desa Blado. Gedung itu akan dibangun di atas tanah seluas 120 meter persegi yang tak lain wakaf dari H Risnanto, warga Blado yang kini berdomisili di Proyonanggan Selatan, Dracik. "Sesuai RAB, luas bangunan juga nantinya 120 meter persegi dengan dua lantai. Pembangunannya dilakukan dalam dua tahap," terang Nasikhin.

Untuk pembangunan lantai 1, anggarannya sebesar Rp 200 juta. Sementara bangunan lantai 2 direncanakan menelan biaya Rp 250 juta. Panitia juga menyiapkan anggaran Rp 50 juta untuk pengadaan mabeler. "Jadi, total keseluruhan RAB pembangunan gedung dakwah PCM Blado dengan dua lantai ini mencapai setengah miliar rupiah. Mohon doa restu dan dukungannya agar pembangunannya bisa lancar dan selesai sesai target," pungkasnya. (sef)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: