Perbanyak Koleksi, Tarik Pembaca

Perbanyak Koleksi, Tarik Pembaca

*TBM Al Barokah

KOTA - Dalam upaya meningkatkan budaya baca pada masyarakat, TBM Al Barokah memilih strategi memperbanyaj koleksi buku serta mendekatkan bahan bacaan kepada masyarakat dan anak-anak dengan menerapkan sistem pinjam yang lebih fleksible. Hal ini disampaikan Ketua Pengelola TBM Al Barokah Abdul Azis kepada Radar Pekalongan di lokasi taman baca, Kamis (6/8/2020).

"Ini menjadi program terobosan kami ya, semakin banyak koleksi jadi semakin banyak pilihan yang bisa dipilih oleh masyarakat. Sehingga mereka merasa lebih senang dan komplit, tidak perlu jauh kemana-kemana," ucap Azis sapaan akrabnya.

Target dari taman baca ini adalah menumbuhkan minat baca dan menyadarkan kepada masyarakat tentang pentingnya membaca, pihaknya mengaku dengan memfasilitasi ini, dia yakin bisa membanntu masyarakat dalam mengelola waktunya.

"Masyarakat itu kan tidak seperti anak sekolah ya, mereka punya kesibukan sendiri yang mungkin menyita sebagian besar waktunya, kalau buku-bukuny hanya terpusat di perpusda saja mungkin agak menyulitkan, makanya kami beri fasilitas untukk lebih mudah mengakses," ujarnya.

Azis mengaku, sebenarnya hampir semua RW yang ada di Kota Pekalongan sudah mempunyai taman baca, meskipun dalam pelaksanaanya ada yang sudah terkelola dengan baik, ada juga yang masih apa adanya.

"Sebenarnya membuat taman baca sampai tingkat RW itu gampang-gampang susah, karena memang kami membutuhkan volounter yang benar-benar menyediakan waktunya untuk mengelola taman baca," imbuh bapak 2 anak ini. Menurutnya TBM Al Barokah yang terletak di Kuripan tersebut, siap meminjamkan buku-buku yang dibutuhkan oleh masyarakat melalui taman baca RW, ini menjadi komitmen bersama untuk mewujudkan Indonesia suka membaca. "Kami sebenarnya memang menyediakan buku-buku yang dibutuhkan oleh masyarakat, namun lagi-lagi karena terkendala SDM, jadi belum bisa maksimal," pungkasnya. (mal)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: