Perumda Tirta Kajen Targetkan 20.000 SR

Perumda Tirta Kajen Targetkan 20.000 SR

KAJEN - Memasuki usianya yang ke-2, Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Kajen akan berusaha meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat. Pada tahun 2020 ini, Perumda Tirta Kajen menargetkan sebanyak 20.000 sambungan rumah (SR) atau pelanggan. Sebelumnya, di tahun lalu ada lebih kurang 16.000 sambungan rumah sehingga peningkatannya sekitar 4.000 titik.

''Alhamdulillah hingga sekarang sudah sekitar 18.000 sambungan rumah yang sudah kami kerjakan sehingga sampai akhir tahun 2020 optimis bisa tercapai target tersebut,'' ujar Direktur Perumda Air Minum Tirta Kajen, Nur Wachid, ditemui usai peringatan HUT ke-2 Perumda Tirta Kajen dan HUT Kemerdekaan RI ke-75, Rabu (12/8/2020) siang.

Hadir dalam acara itu, Bupati Pekalongan Asip Kholbihi yang juga diminta memimpin doa bersama untuk kesuksesan Tirta Kajen. Selain itu, Bupati juga memberikan pengarahan kepada seluruh jajaran Perumda Air Minum Tirta Kajen supaya ke depan lebih bisa memberikan pelayanan dan meningkatkan fasilitas yang ada.

Nur Wachid menambahkan, dalam rangka meningkatkan sambungan rumah untuk air minum masyarakat di Kabupaten Pekalongan, pihaknya berusaha menerapkan sejumlah pola maupun program. Di antaranya program Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) yang akan dilakukan sampai tahun 2024. Dalam hal ini, Tirta Kajen bakal membantu masyarakat yang membutuhkan sambungan air minum dengan mengajukan ke tingkat pusat, yakni kementrian yang menangani masalah air bersih maupun air minum.

Sementara itu, dalam sambutannya Bupati memberikan amanat kepada perusahaan air minum yang dua tahun ini berubah menjadi Perumda agar bisa meningkatkan pelayanan air bersih. Untuk tahun ini memang sudah ada prestasi yang membanggakan lantaran adanya peningkatan terkait sambungan rumah, yakni dari 16.000 kini menjadi hampir 20.000 sampai akhir tahun.

''Kinerja seperti ini harus bisa ditingkatkan kembali karena dari Pemerintah Kabupaten Pekalongan menargetkan bisa mencapai 50.000 sambungan rumah di tahun-tahun berikutnya,'' tegas dia.

Selama ini, wilayah Kabupaten Pekalongan sangat kaya soal sumber air baku sehingga Perumda Air Minum Tirta Kajen harus bisa memanfaatkannya dengan baik. Dalam hal ini, masyarakat yang belum memiliki sambungan rumah air bersih agar bisa memasang sambungan tersebut.

Dengan demikian, perusahaan ini supaya bisa memanfaatkan sumber air baku yang cukup banyak sehingga masyarakat juga dapat mendapatkan hasil dari program yang telah dilakukan Tirta Kajen.

Selain peningkatan jumlah sambungan rumah, Perumda ini diharapkan dapat memberikan pelayanan terbaik kepada warga yang menjadi pelanggannya. Apabila ada permasalahan maupun kendala terkait distribusi saluran air bersih yang kurang bagus, maka secepatnya diselesaikan. (had)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: