Pilkades, Pengamanan Dipertebal

Pilkades, Pengamanan Dipertebal

DIPERTEBAL - Jelang pelaksanaan Pilkades serentak, aparat TNI dan Polri akan mempertebal pengamanan.

Pemungutan suara pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak akan dilaksanakan dilaksanakan 13 November besok. Sebagai langkah pengamanan, aparat TNI dan Polri akan mempertebal pengamanan. Langkah itu dilakukan guna mengantisipasi adanya gangguan Kamtibmas.

Hal itu diungkapkan Kapolres Pekalongan AKBP Aries Tri Yunarko. Kata dia, dalam pengamanan Pilkades, Polres Pekalongan bersama dengan Kodim 0710 Pekalongan sudah menyiapkan personil guna mempertebal pengamanan jelang dan selama pemilihan kepala desa. Hal tersebut dilakukan agar seluruh tahapan bisa berjalan dengan tertib, aman dan lancar.

"Kita akan menghadapi Pilkades serentak 2019, tinggal beberapa hari lagi, untuk itu, kita bersinergi dengan semua instansi dan lapisan masyarakat khususnya TNI, Polri dan instansi terkait dalam menjaga bersama Pilkades serentak berjalan aman, lancar dan kondusif," terangnya.

Dikatakan, secara keseluruhan wilayah hukum Polres Pekalongan masih kondusif. Meski begitu, pihaknya tetap mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat dapat menjaga situasi kondusif ini.

"Saat ini kondisi, alhamdulilah kondusif. Namun demikian, kami tetap waspada bilamana terjadi gangguan kamtibmas. Kami juga meminta agar masyarakat membantu menjaga situasi yang kondusif ini," lanjutnya.

Ia menjelaskan bahwa pihaknya akan menjamin keamanan Pilkades serentak yang dilaksanakan di wilayah Kabupaten Pekalongan. Untuk itulah pihaknya terus bersinergi dengan TNI dan instansi pemerintah lainnya dalam mewujudkan stabilitas keamanan serta menjalin silaturahmi ke beberapa elemen masyarakat.

Menjelang pilkades serentak, dirinya juga akan melakukan penggalangan terhadap tokoh pemuda, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh politik. Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka menciptakan pemilihan kepala desa serentak bisa berjalan dengan aman, damai dan sejuk.

Ia juga telah memerintahkan personelnya, khususnya Bhabinkamtibmas dan unit intel untuk melaksanakan kegiatan deteksi dini dan mengantisipasi segala bentuk gangguan kamtibmas.
"Oleh karenanya, dengan kegiatan tersebut diharapkan terjalin kerjasama yang baik dari semua elemen masyarakat serta penggalangan dan monitoring di berbagai kegiatan menjelang Pilkades serentak tanggal 13 November 2019," tandasnya. (Yon)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: