Makin Ekspansif, Nilai Ekspor Batang Tembus 65 Juta USD

Makin Ekspansif, Nilai Ekspor Batang Tembus 65 Juta USD

LIHAT - Pemateri dari FTA saat melihat produk UMKM Batang yang menjadi peserta pelatihan Ekspor di Hotel Sendangsari Batang. --

BATANG - Produk asal Batang rupanya banyak diminati oleh pangsa pasar luar negeri. Hal ini ditunjukkan dengan naiknya nilai ekspor Batang Tahun 2022 yang melebihi target. 

 

Tren positif ini seperti disampaikan Kabid Perdagangan Disperindagkop dan UKM Batang, Endang Rahmawati saat diwawancarai Kamis (26/1/2023). Data dari Disperindagkop dan UMKM Batang, realiasasi ekspor tahun 2022 sudah mencapai 65 juta USD dari target 57,87 juta USD. 

 

“Pelaku UMKM dan industri di Kabupaten Batang mencatatkan kinerja ekpsor yang positif sepanjang 2022 lalu. Realiasi nilai ekspor sebesar 65 juta USD atau melampaui target yang ditetapkan sebesar 57,87 juta USD. Sedangkan di tahun sebelumnya atau 2021 realisasi nilai ekspor masih di bawah target dari 56 juta USD hanya tercapai 50 juta USD,” ujar Endang.  

 

Disebutkannya, menurunnya nilai ekspor di 2021 dikarenakan imbas pandemi covid-19. Namun saat memasuki paruh kedua 2022 kinerja ekspor pelaku UMKM dan industri di Batang mulai merangkak naik,  hasilnya realisasi ekspor 2022 sukses melampaui target. 

 

“Ekspor UMKM dan industri di Batang didominasi produk olahan kayu, playwood, garmen, craft dan mainan. Adapun negara tujuan ekspor seperti negara di Eropa, Timur Trngah dan Amerika Serikat,” ungkap Endah. 

 

Tren positif ini diharapkan juga dapat terjadi di tahun 2023 ini. Dengan harapan akan dialami di tahun 2023 dapat melebihi tahun 2022. 

 

“Pemkab terus berupaya melakukan pendampingan kepada para pelaku ekportir UMKM dengan ikut dalam pameran bertaraf internasional. Semoga tahun ini realisasi nilai ekspor lebih meningkat seiring membaiknya kondisi ekonomi dunia,” pungkasnya. (nov)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: