Raih Adiwiyata Nasional, SDN Ponowareng 01 Ajak Sekolah Berbudaya Lingkungan

  Raih Adiwiyata Nasional, SDN Ponowareng 01 Ajak Sekolah Berbudaya Lingkungan

BUKA - Camat Tulis didampingi Sekertaris Disdikbud Batang, Sekertaris DLH Batang, PT BPI serta Kepala SDN Ponowareng 01 saat membuka Festival Ponowareng Satoe, Kamis (26/1/2023). --

"Sekolah Adiwiyata ini nantinya akan bersinergi dengan sekolah ramah anak. Dan ini nantinya akan mendukung untuk menghapuskan tiga dosa besar pendidikan di Indonesia, yakni perundungan, intoleransi dan kekerasan seksual. Harapannya itu bisa diantisipasi, yang harapannya bisa menguatkan karakter anak," harapnya. 

 

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Batang, Suyaeni menjelaskan, di Batang sendiri sudah ada 65 sekolah yang mengantongi predikat Adiwiyata. Di mana 9 diantaranya meraih Adiwiyata Provinsi, dan 6 lainnya meraih Adiwiyata Nasional. 

 

Ia berharap semakin banyak sekolah yang menerapkan pembiasaan karakter berbasis Adiwiyata. Menurut Yeni, untuk menjadi sekolah Adiwiyata tidak membutuhkan anggaran yang banyak, yang terpenting adalah warga sekolah bisa memiliki karakter peduli lingkungan. 

 

Assistant Manager CSR PT Bhimasena Power Indonesia (BPI), Ahmad Lukman meyebutkan, pihaknya mulai mendukung pengembangan Sekolah Adiwiyata di Batang mulai tahun 2016. Dimana ada sekitar 20 sekolah SD/MI dan SMP/MTs di sekitar PLTU Batang yang dibina. 

 

Dari program tersebut, 6 sekolah telah meraih predikat Adiwiyata Nasional. Yakni MI Ujungnegoro 02 pada tahun 2018, SDN Kenconorejo 01 dan SDN Simbangjati pada tahun 2019, SDN Ujungnegoro 01 pada tahun 2021, dan SDN Karanggeneng 02 dan SDN Ponowareng 01 pada tahun 2022. (nov)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: