Dinas Kesehatan Gencar Lakukan Vaksinasi Masyarakat Rentan

Dinas Kesehatan Gencar Lakukan Vaksinasi Masyarakat Rentan

VAKSINASI - Masyarakat Sokoduwet dan sekitarnya mengikuti vaksinasi di Eks Kantor Kelurahan Soko, Kecamatan Pekalongan Selatan, Kota Pekalongan, Jumat (27/1/2023).--

KOTA - Dinas Kesehatan (Dinkes) berkolaborasi dengan Kemitraan Australia Indonesia untuk Ketahanan Kesehatan (AIHSP) melalui Save the Children dan Migrant Care gencar melakukan kegiatan vaksinasi massal yang menyasar masyarakat Sokoduwet dan sekitarnya di Eks Kantor Kelurahan Soko, Jumat (27/1/2023).

 

Perwakilan tim vaksinator Puskesmas Pekalongan Selatan, Mardiyah menyampaikan apresiasi atas upaya yang dilakukan Migrant Care dan para komunitas yang terlibat, dimana sebelumnya mereka sudah menjalin kerjasama dengan Dinas Kesehatan melalui puskesmas setempat dalam akselerasi vaksinasi di Kota Pekalongan.

 

"Kami mengajak masyarakat yang belum melengkapi dosis vaksinasinya bisa segera mendatangi gerai-gerai vaksinasi terdekat, seperti memanfaatkan layanan sentra vaksinasi Inklusif dari Migrant Care ini," ucapnya.

 

Mardiyah menjelaskan, dengan pelaksanaan vaksinasi inklusif dari Migrant Care bekerjasama dengan Pemkot Pekalongan dan sejumlah komunitas tersebut bisa mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Sehingga mereka bisa ikut berpartisipasi mengikuti pelaksanaan vaksinasi dengan mudah.

 

"Meski kebijakan PPKM telah resmi dicabut, namun bukan berarti masyarakat harus bebas untuk beraktivitas tanpa harus menerapkan protokol kesehatan (Prokes) ketika di luar rumah, minimal memakai masker dan mencuci tangan, serta melengkapi vaksinasi," tegasnya.

 

Sementara itu, Koordinator Vaksinasi Inklusif dari perwakilan Karung Taruna dan komunitas Petanesia, Anis, mengungkapkan bahwa, Migrant Care tak henti-hentinya terus menggiatkan vaksinasi inklusif di sejumlah titik lokasi di Kota Pekalongan setiap hari secara mobile. Dengan melengkapi vaksinasi, nantinya akan terwujud kekebalan kelompok (herd immunity) yang baik agar bisa menangkal bahaya dari virus Covid-19 maupun virus-virus lainnya.

 

"Layanan vaksinasi inklusif dari Migrant Care ini secara rutin mobile satu ke satu tempat lainnya untuk memfasilitasi pelaksanaan vaksinasi massal kepada masyarakat yang belum melengkapi vaksinasi dosis 1, dosis 2, maupun booster 1 dan booster 2, dengan sasaran utama masyarakat kelompok rentan, termasuk lansia, dan disabilitas," bebernya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: