Pawai Obor Meriahkan Resepsi 1 Abad NU di Kalipucang Kulon

Pawai Obor Meriahkan Resepsi 1 Abad NU di Kalipucang Kulon

KELILING DESA - Ratusan warga Desa Kalipucang Kulon saat memeriahkan pawai Obor peringatan 1 Abad NU. --

BATANG - Ratusan pemuda Desa Kalipucang Kulon Batang meramaikan pawai obor peringatan 1 Abad Nahdlatul Ulama (NU), Senin Malam (6/2/2023). Pawai yang dimulai dari Musala Baitussalam Dukuh Spetek Desa Kalipucang Kulon, mengambil rute keliling desa. 

 

Para pemuda yang mengikuti kegiatan pawai obor ini terdiri atas anak-anak dan remaja mulai dari tingkat SD sampai SMA anggota remaja Musala Baitussalam.

 

“Pawai obor ini digelar untuk menyambut 1 abad NU yang sudah berumur 100 tahun, didirikan oleh para ulama pada tanggal 16 Rajab 1344 atau 31 Januari 1926 dan hari ini diperingati karena bertepatan dengan 16 Rajab 1444 pada tanggal 7 Februari 2022,” ujar Pengurus Musala Baitussalam, Musowi saat ditemui di Musala Baitussalam Desa Kalipucang Kulon, Batang, Senin (6/2/2023) malam.

 

Pawai Obor ini sudah menjadi adat budaya sekitar untuk memperingati beberapa acara penting. Salah satunya peringatan 1 abad NU. “Adanya pawai obor ini membuat pemuda sangat antusias dan senang sekali dapat ikut serta meramaikan harlah NU, dengan pawai obor berkeliling desa sembari menyanyikan mars NU, dan Sholawat Nabi,” jelasnya. 

 

Kegiatan ini juga sebagai wujud semangat yang membara generasi muda NU di era milenial sekarang ini yang tidak melupakan budaya dan jati dirinya sebagai warga nahdliyin. 

 

Ia berharap, para pemuda sebagai generasi muda milenial saat ini masih bisa mengingat tokoh-tokoh pendiri NU yang dulunya ikut berjuang untuk kemerdekaan NKRI. “Tidak lupa para pemuda bisa melanjutkan semangat generasi muda penerus NU yang menjunjung jiwa dan nilai-nilai nahdliyin,” ujar dia. (nov)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: