89 TPS di Pesisir Pekalongan Terdampak Rob

89 TPS di Pesisir Pekalongan Terdampak Rob

TEMPEL STIKER: Petugas menempelkan stiker yang menandakan penghuni rumah itu sudah dicoklit oleh pantarlih.-Hadi Waluyo.-

*Pantarlih Mulai Lakukan Coklit

 

KAJEN - Sebanyak 89 TPS di pesisir Kabupaten Pekalongan terdampak rob. Dengan rincian, di Kecamatan Tirto ada 76 TPS terkena dampak rob, di Kecamatan Wonokerto ada 2 TPS terdampak rob, dan di Kecamatan Siwalan ada 11 TPS terdampak rob.

 

"Ada 89 TPS lokasinya terdampak rob. Sebanyak 55 76 TPS di Kecamatan Tirto yang tersebar di 5 desa, 11 TPS di Kecamatan Siwalan tersebar di 2 desa, dan di Kecamatan Wonokerto 2 TPS di satu desa yaitu Desa Wonokerto kulon," terang Ketua KPU Kabupaten Pekalongan Abi Rizal, dikonfirmasi pelaksanaan coklit serentak oleh pantarlih di Kabupaten Pekalongan, Minggu (12/2/2023).

 

Untuk daerah atas, kendala dan hambatan yang dihadapi petugas pantarlih itu adalah cuaca ekstrem dan beberapa lokasi terdampak bencana longsor, sehingga aksesnya itu licin. "Hari ini saja kita ada laporan ada pantarlih yang mengalami kecelakaan dalam bekerja di Petungkriyono. Karena naik motor jatuh ke tebing setinggi 1,5 meter. Kecelakaan tunggal. Alhamdulillah semua baik saja, sudah dirawat, dan sudah bisa kembali ke rumah tapi masih dalam perawatan," ungkap Abi.

 

Abi menjelaskan, KPU Kabupaten Pekalongan kemarin melakukan empat kegiatan. Yaitu pertama pelantikan pantarlih. Sebelum bekerja, pantarlih itu dilantik. Setelah dilantik, kegiatan kedua ialah apel kesiapan pantarlih. Setelah itu dilanjutkan kegiatan ketiga berupa bimbingan teknis kepada pantarlih dalam rangka coklit. Keempat, dilakukan coklit serentak oleh pantarlih.

 

"Khusus hari ini per pantarlih minimal lima orang tokoh masyarakat yang ada di TPS-nya untuk dilakukan coklit, khusus hari ini sampai tanggal 14. Tadi ada beberapa tokoh masyarakat yang dicoklit oleh pantarlih dari mulai politisi, tokoh pemerintahan, sampai tokoh masyarakat dan tokoh agama. Konfirmasi tadi yang dicoklit Pak Riswadi sekitar jam 1, ada Pak Sekda sudah dicoklit, dan ada beberapa tokoh masyarakat," terang dia.

 

Disebutkan, coklit oleh pantarlih dilaksanakan dari tanggal 12 Februari hingga 14 Maret 2023. Coklit melibatkan 2.912 pantarlih. Ada sebanyak 735.793 masyarakat yang dicoklit. "Kerja pantarlih itu mencoklit dari rumah ke rumah seluruh calon pemilih yang ada di Kabupaten Pekalongan yang jumlahnya 735.793," katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: