Rp 4 Miliar untuk Revitalisasi Pasar Plelen

Rp 4 Miliar untuk Revitalisasi Pasar Plelen

EKSPOS - Pj Bupati Batang Lani Dwi Rejeki bersama Kepala Disperindagkop Subiyanto saat ekspos rencana revitalisasi Pasar Plelen di Ruang Abirawa, Pemkab Batang, Rabu (15/2/2023).-Fel-

*Tukar Guling Lahan Butuh Rp 5 M

 

Batang - Pemerintah bakal merevitalisasi Pasar Plelen yang ada di Kecamatan Gringsing. Untuk merealisasikan rencana tersebut, APBN pun mengalokasikan Rp 4 miliar.

 

“Pasar Plelen berdasarkan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) akan menjadi lahan terbuka hijau. Sehingga harus direlokasi yang direncanakan akan tukar menukar dengan tanah kas desa,” ungkap Kepala Disperindagkop dan UKM Batang, Subiyanto, Rabu (15/2/2023). 

 

Adapun lokasi relokasi pasar baru Plelen direncanakan hanya berjarak 400 meter dari bangunan lama. "Namun, sebelum relokasi pembangunan tersebut, harus ada kesepakatan tukar menukar tanah terlebih dahulu antara Pemerintah Kabupaten dengan Pemerintah Desa Plelen," jelas Subiyanto.

 

Subiyanto juga menyebutkan pembangunan Pasar Plelen baru itu akan direalisasikan pada tahun ini dengan anggaran sebesar Rp4 miliar. 

 

Akan tetapi, kata dia, pemkab harus menyelesaikan dulu proses tukar guling tanah, dan pengurukan tanah dengan kebutuhan anggaran diperkirakan mencapai Rp5 miliar yang bersumber dari APBD Batang.

 

“Petunjuk dari Pj Bupati tanahnya harus clear dulu, artinya tukar menukar tanahnya selesai. Diperkirakan biaya tukar menukar, appraisal, sampai dengan tanah urug mencapai sekitar Rp5 miliar yang bersumber dari APBD perubahan 2023,” terangnya. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: