Tiga Dinas Diminta Buat Kanal Aduan
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pekalongan M Yulian Akbar meminta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Pekalongan -Hadi Waluyo-
*Agar Lebih Responsif Terhadap Aduan Masyarakat
KAJEN - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pekalongan M Yulian Akbar meminta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Pekalongan dapat merespon dengan cepat aduan masyarakat, terutama yang berkaitan dengan program prioritas Pemkab Pekalongan. Tiga dinas prioritas yakni Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, dan DPU Taru diminta buat kanal aduan, agar lebih responsif mensikapi aduan masyarakat.
Hal itu disampaikan Sekda M Yulian Akbar dalam rapat koordinasi berkaitan dengan pelayanan informasi publik di Aula Dinkominfo, baru-baru ini. "Untuk memfasilitasi terkait aduan masyarakat, sudah ada "Lapor Bupati". Saya minta supaya secara teknis buka aduan untuk masyarakat, terutama untuk tiga prioritas program Bupati Pekalongan, yaitu di bidang pendidikan, kesehatan dan infrastruktur," tutur Sekda.
Sekda mengatakan, pemkab harus responsif terharap aduan masyarakat "Kita harus responsif. Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, dan DPU Taru buat kanal informasi aduan masyarakat terkait layanan kesehatan. Buat apa pun namanya, nanti Dinkominfo yang menyiapkan,” ujarnya.
Akbar menandaskan, pembuatan kanal aduan dan responnya bukan untuk pencitraan. "Kita tidak mau cari pencitraan. Kita hanya ingin melayani masyarakat secara cepat. Aduannya apa, kita respon, dan kita tangani, terutama yang tiga OPD tadi. Buat Satgas Reaksi Cepat. Saya minta awal Maret sudah jadi. Kita perlu respon cepat ketika ada aduan masyarakat. Ketika ada aduan masyarakat, kesehatan bagaimana, pendidikan bagaimana, infrastruktur bagaimana, perlu penanganan. Saya minta agar diterjemahkan, dijabarkan, partisipasi publik agar direspon,” ucap Sekda.
Sekda meminta kepada para kepala OPD dan para ASN agar dapat melayani masyarakat dengan baik. "Kita adalah birokrat. Saya minta OPD menjadi problem solver, memberikan solusi permasalahan masyarakat sesuai tupoksi masing-masing. Kita harus bisa memberikan manfaat bagi publik, bagi masyarakat. Syukur-syukur Maret dapat direalisasikan. Nggak usah launching-launchingan kalau saya. Yang penting kerja,” ujar Sekda.
Kepala Dinkominfo Kabupaten Pekalongan, Supriyadi, menyatakan siap memfasilitasi OPD dalam pembuatan kanal aduan masyarakat. “'Lapor Bupati' menjangkau keseluruhan. Namun, jika diperlukan ada kanal-kanal aduan di setiap OPD, atau OPD prioritas, nanti kami siapkan," ujar Supriyadi.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: